Libur Pandemi Covid-19, Satgas Yonif R 509 Mengajar Anak Papua - strategi.id
Merah Putih

Libur Pandemi Covid-19, Satgas Yonif R 509 Mengajar Anak Papua

Strategi.id - Libur Pandemi Covid-19, Satgas Yonif R 509 Mengajar Anak Papua

Strategi.id – Dalam mengisi masa liburan sekolah akibat pandemi Covid-19 di wilayah perbatasan, Satgas Yonif Raider 509/Kostrad mengajar anak-anak Papua pelajaran membaca dan menulis.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., PSc., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Senin (18/05/20).

Diungkapkan Dansatgas, sejak wabah Covid-19 melanda Indonesia, seluruh kegiatan belajar-mengajar diliburkan termasuk wilayah perbatasan Papua, sebagai pencegahan penyebaran virus Covid-19 ini.

“Bisa dikatakan, sudah dua bulan lebih, kegiatan belajar-mengajar anak-anak tidak dilaksanakan. Oleh karena itu, di masa liburan ini kita ajak mereka ke pos belajar bersama personel Satgas,”ujarnya.

Seperti yang dilaksanakan Pos Tatakra, dipimpin Danpos Letda Inf Heriyansyah Purba dan seorang prajurit pada Sabtu (16/5/2020), mengajarkan pelajaran berhitung dan membaca bagi anak-anak Kampung Tatakra, Distrik Web.

“Kegiatan yang kita berikan ini agar anak-anak tidak jenuh di masa liburan panjang, tetap dapat menimba ilmu walaupun sifatnya non formal tidak dilaksanakan di sekolah,” urainya.

“Dalam kegiatan ini, untuk mencegah penyebaran Covid-19, Satgas tetap menerapkan physical distancing, menggunakan masker, cuci tangan serta tidak berkerumun dalam jumlah yang banyak,” jelas Wira Muharromah.

Ia menuturkan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai wujud kepedulian dan perhatian kepada generasi muda perbatasan agar tetap mendapatkan pelajaran walau kondisi pandemi Covid-19.

“Kami akan berusaha memberikan ilmu pengetahuan di Pos, mengingat wabah Covid-19 masih merebak, sehingga anak-anak tetap dapat belajar,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Danpos Tatakra, Letda Inf Heriyansyah Purba mengatakan bahwa yang mereka lakukan ini untuk membantu anak-anak di perbatasan agar tetap dapat menuntut ilmu walau pandemi Covid-19.

“Kita sebagai prajurit TNI merasa terpanggil untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada anak-anak di perbatasan,” terangnya.

“Semoga yang kami berikan ini dapat membantu anak-anak menambah wawasannya, sekaligus juga mengisi masa liburan panjang ini dengan hal positif,”ucap Heriyansyah.

Sementara itu, James Ball (48), salah satu warga setempat yang anaknya ikut belajar di Pos, sangat berterima kasih dan bangga kepada Satgas yang bersedia menjadi guru bagi anak-anak.

“Bapak-bapak TNI ini sangat sayang dan peduli kepada anak-anak di Kampung Tatakra. Walaupun sekolah libur, mereka mengajak anak-anak untuk belajar bersama di Pos,” tuturnya.

“Semoga apa yang dilakukan oleh prajurit TNI ini dapat membantu anak-anak kami untuk makin lancar dalam berhitung dan membaca, “pungkas James sambil tersenyum bangga. (Dispenad).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top