Mahasiswa UMM, Berhasil Merancang Jembatan Bercirikan Budaya Sulawesi - strategi.id
Budaya

Mahasiswa UMM, Berhasil Merancang Jembatan Bercirikan Budaya Sulawesi

Strategi.id - Mahasiswa UMM, Berhasil Merancang Jembatan Bercirikan Budaya Sulawesi
Strategi.id - Mahasiswa UMM, Berhasil Merancang Jembatan Bercirikan Budaya Sulawesi

Strategi.id – Mengadopsi keragaman kebudayaan yang ada di Indonesia, empat mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), berhasil merancang jembatan bercirikan budaya Sulawesi. Merekaadalah M.Ikbal Maulana, Rendy Ashary, Ana Mahrurin dan Andre Oktavian Wijaya. Para mahasiswa tersebut, tergabung dalam tim Red Jaeger.

Disampaikan Ikbal, latar belakang dipilihnya budaya Sulawesi, sebagai ciri khas rancangan jembatan yang diberi nama Tudang Sipulung tersebut, tidak terlepas dari kebanggaan mereka akan kebudayaan tanah kelahiran keempatnya, yakni Sulawesi.

baca juga : Mahasiswa Indonesia Juara Internasional, Karena Inovasi Beton

Tudang Sipulung, bermakna duduk bersama atau musyawarah. “Kebetulan dalam tim Red Jaeger terdiri dari empat orang yang berasal dari Sulawesi. Sehingga kami memutuskan mengadopsi adat dari Sulawesi dalam rancangan jembatan Tudang Sipulung,” jelasnya saat memamerkan karyanya di Dome UMM, Kamis (3/1/19).

Budaya yang diadopsi tersebut, mengambil ciri khas dari empat suku yang ada di Sulawesi, Ciri khas tersebut, digambarkan di rancangan jembatan. Empat suku tersebut, Makassar yang dicirikan dengan senjata Badik dan kapal Phinisi. Kemudian suku Bugis dengan tari Kipasnya, suku Toraja dengan warna corak dan suku Mandar dengan ukiran.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top