Makanan Desa Asal Indonesia Tembus Mancanegara – strategi.id
Nusantara

Makanan Desa Asal Indonesia Tembus Mancanegara

Strategi.id – Makanan Desa Asal Indonesia Tembus Mancanegara. Saat disebut nama Wonogiri yang terbayang dalam benak orang kebanyakan adalah gaplek atau tiwul. Pasalnya memang daerah ujung tenggara Provinsi Jawa Tengah itu punya sebutan lain sebagai Kota Gaplek. Dan lantaran gaplek atau lebih tepatnya kelegitan tiwul lah Kabupaten Wonogiri terkenal sampai ke mancanegara.

Cara memasak nasi tiwul sedikit lebih rumit dari pada nasi putih biasa, namun tidak terlalu rumit untuk dicoba oleh pemula. Nasi Tiwul ini terbuat dari olahan singkong, makanan ini sangat unik selain rasanya yang sangat khas, Tiwul ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi. Makanan ini sudah terkenal sejak zaman dahulu dan menjadi salah satu warisan kuliner bagi masyarakat di kota ini.

Nasi tiwul ini kandungan kalorinya lebih rendah daripada beras putih biasa, dan juga dipercaya bisa mengobati penyakit pencernaan seperti maag. Tiwul bisa dimasak manis atau dimasak gurih. Di beberapa suku di Indonesia, nasi tiwul dinikmati dengan masakan pelengkap seperti sayur dari daun singkong dan ikan tongkol.

Kabar nasi tiwul asli Wonogiri itu ternyata sampai juga ke mancanegara, Suriname misalnya.

Negara yang banyak dihuni  para imigran asal Pulau Jawa tersebut mengagumi cita rasa khas tiwul. Melalui berbagai tayangan dokumenter stasiun televisi di sana disebutkan bahwa  mereka tidak bisa melupakan budaya jawa yang merupakan daerah asal mereka. Termasuk gagahnya kesenian reog Ponorogo, adiluhungnya gamelan Solo, juga kenikmatan menyantap tiwul Wonogiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top