Makanan Tertua yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu? – strategi.id
Nusantara

Makanan Tertua yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu?

Strategi.id - Makanan Tertua yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu?
Strategi.id - Makanan Tertua yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu?

Strategi.id – Semakin berkembangnya zaman, ada begitu banyak pula inovasi baru yang muncul, tak terkecuali di bidang dunia kuliner.

Namun, pernahkah Anda mengetahui dari sekian banyaknya jenis makanan yang ada di dunia, makanan manakah yang umurnya paling tua? dan mana yang paling favorit menurut mu?

1. Roti

Hasil gambar untuk bread

Menurut sejarawan, roti muncul sepanjang sejarah dalam berbagai bentuk. Para peneliti di Oxfordshire, Inggris, menemukan potongan-potongan kecil roti yang menghitam berumur 5.500 tahun. Menurut laporan, potongan roti tersebut masih ada dan bertahan selama bertahun-tahun karena dibakar dan berisi selai.

2. Cokelat

Hasil gambar untuk cokelat

Para arkeolog telah menemukan bukti bahwa produksi cokelat pertama kali dilakukan oleh orang-orang Olmec kuno di Meksiko. Akar tumbuhan ini ditemukan di Amerika. Ketika para ilmuwan hendak menguji bagian dalam pot untuk theobromine kimia, mereka menemukan adanya indikator kakao yang andal.

3. Madu

Hasil gambar untuk madu

Madu memiliki banyak sifat antiseptik dan rasa manis yang kuat. Menurut para ilmuwan, keberadaan madu sudah ada sejak 5.500 tahun yang lalu, sama seperti roti. Para peneliti menemukan botol sebuah makam terlantar yang sudah lama di Georgia berisi madu dan dianggap sebagai madu tertua di dunia.

4. Pancake

Hasil gambar untuk pancake

Pancake seringkali dijadikan sebagai menu makanan saat sarapan. Makanan ini sering disandingkan dengan buah-buahan, cokelat, sirup dan berbagai topping lainnya.

Sejarah mencatat bahwa panekuk atau pancake ini sudah ada sejak 3.300 SM. Penelitian ini didapat dari bukti ditemukannya mumi di Pegunungan Alpen.

5. Wine

5 Makanan Tertua di Dunia yang Dikonsumsi hingga Kini, Mana Favoritmu?

Anggur dikenal sebagai bagian penting dari gaya hidup masyarakat Romawi Kuno. Bahkan, keberadaan minuman satu ini sudah sangat populer di kalangan manusia sebelum munculnya Roma. Berbagai bukti arkeologis membuktikan bahwa anggur merupakan minuman fermentasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top