Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan - strategi.id
Merah Putih

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan dan Kecantikan

Strategi.id – Manfaat minum air putih sering kali diabaikan oleh orang karena dianggap remeh dan tidak terlalu berdampak. Padahal tubuh manusia pada dasarnya lebih banyak mengandung cairan, sehingga jika cairan di dalam tubuh tidak tercukupi maka akan timbul masalah-masalah yang bisa mengganggu aktivitas, bahkan mengganggu kesehatan.

Banyak sekali manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh bahkan untuk kecantikan. Mungkin selama ini kamu menganggap minum air putih hanya akan menghilangkan rasa haus karena dahaga atau setelah olahraga. Namun sebenarnya manfaat minum air putih tidak hanya untuk mengatasi dahaga saja. Air putih juga harus di konsumsi setiap saat bukan setelah olahraga saja

Idealnya manusia membutuhkan dua liter atau delapan gelas air setiap harinya. Hal ini dipicu oleh berbagai hal, yang salah satunya karena sebagian besar tubuh kita merupakan cairan, contohnya saja darah. Kemudian air juga akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine sekitar 1,5 liter perhari untuk menghilangkan racun dan kotoran-kotoran lainnya. Jadi bayangkan saja jika tubuh tidak terpenuhi asupan cairannya, maka kotoran tidak akan keluar dan akan mengendap.

Selain manfaat minum air putih di atas, ada beberapa manfaat minum air putih lainnya yang perlu kamu ketahui dan pastinya sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga : Bunda Yuk Perhatikan Hal Ini Sebelum Memberi atau Menerima Donor ASI

Berikut ini rangkum dari beberapa sumber, Rabu (10/4/19) manfaat minum air putih untuk kesehatan dan kecantikan yang kerap diabaikan.

Manfaat minum Air putih untuk kesehatan :

1. Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh

Sebelumnya sudah dijelaskan di atas bahwa tubuh membutuhkan setidaknya dua liter air perhari. Maka dengan minum air putih kebutuhan air tersebut akan terpenuhi dan tubuh akan bekerja dengan baik, dan tidak kekurangan cairan. Dua liter air sama halnya dengan delapan gelas air putih. Jadi kamu harus minum setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari.

2. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Jika kamu sedang malakukan program diet, minum air putih di pagi hari akan mempercepat metabolisme tubuh hampir 25%. Hal ini juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Selain itu manfaat air putih juga bisa digunakan untuk melancarkan buang air besar. Hal ini juga akan membuat perut menjadi lebih bersih dan bisa mengatur pergerakan usus dan menyingkirkan kotoran di dalam tubuh.

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat minum air putih selanjutnya ternyata bisa meningkatkan imunitas tubuh. Minum air saat perut kosong dapat melawan infeksi dan penyakit yang suatu saat bisa menyerang. Selain itu minum air putih juga bisa membantu meningkatkan fungsi kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

4. Mencegah Migrain

Kekurangan oksigen dan cairan pada otak akan menyebabkan migrain atau sakit kepala. Dehidrasi merupakan penyebab utama sakit kepala yang bisa mengganggu aktifitas sehari-hari. Banyak mengkonsumsi air putih akan memperlancar peredaran oksigen yang dibawa oleh darah keseluruh tubuh terutama otak. Otak juga akan mendapatkan suplai cairan yang cukup.

5. Mengatur Suhu Tubuh

Air yang disimpan di lapisan tengah kulit muncul ke permukaan kulit sebagai keringat saat tubuh memanas. Saat menguap, itu mendinginkan tubuh ketika berolahraga. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa jika tubuh kekurang cairan maka penyimpanan panas akan meningkat dan tubuh tidak bisa menahan regangan panas.

6. Melancarkan saluran Udara

Ketika seseorang mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh dalam upaya untuk meminimalkan kehilangan air. Ini bisa membuat asma dan alergi lebih buruk.

Baca Juga : Cara Minum ‘Banyu Setan’ agar Tak Mematikan

Manfaat minum Air putih untuk kecantikan :

1. Membuat Kulit Bercahaya

Manfaat minum air putih bisa membuat kulit bercahaya, karena air putih dapat membantu tubuh mengeluarkan racun dan kotoran yang mengendap dengan mudah melalui keringat hingga urine. Jika tubuh dan kulit sudah bersih dari racun maka kamu akan terlihat fresh dan lebih bercahaya.

2. Menjaga Kelebapan Kulit

Jika kamu mengalami masalah kulit kering, bisa jadi itu tandanya kamu kekurangan cairan dalam tubuhmu. Minum air putih secukupnya akan membuat kulit menjadi lebih lembab secara alami. Air putih bisa memberikan nutrisi yang baik pada sel-sel kulit.

3. Memulihkan Kulit dari Sunburn

Sunburn atau terbakar karena sinar matahari bisa terjadi saat kamu beraktifitas diluar ruangan dan terpapar sinar matahari secara langsung. Manfaat minum air putih ternyata bisa membantu proses pemulihan kulit yang terkena sunburn.

4. Mengurangi Jerawat

Jerawat muncul karena banyaknya kotoran dan racun di dalam tubuh dan di lapisan kulit. Air putih akan membantu mengilangkan kotoran dalam tubuh dan kulit melalui urine hingga keringat, sehingga jerawat bisa dihindari dan bahkan bisa berkurang. Tambahkan sari lemon juga bisa lebih membuat wajahmu bersih dari jerawat.

5. Menghambat Penuaan Dini

Jika saat ini kamu jarang mengkonsumsi air putih, maka kebiasaan ini harus segera kamu hilangkan. Karena jika tubuh atau kulit tidak mendapatkan asupan cairan yang mencukupi, akan timbul berbagai masalah salah satunya penuaan dini. Manfaat minum air putih dapat menghambat penuaan dini.

Manfaat minum air putih sebenarnya masih banyak dan baik untuk tubuh kita. Usahakan untuk rutin mengkonsumsi air putih sehari-hari agar kebutuhan cairan dalam tubuh bisa terpenuhi dan keseimbangan tubuh bisa terjaga. Jika tubuh sudah seimbang, maka akan terhindar dari berbagai masalah penyakit.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top