Mari Bersatu Menjaga Sesama - strategi.id
Corong

Mari Bersatu Menjaga Sesama

Strategi.id- Mari Bersatu Menjaga Sesama (foto : Ist)
Strategi.id- Mari Bersatu Menjaga Sesama ( Foto : Ist)

Strategi.id-Mengingat semakin meluasnya virus dan jatuhnya korban serta kurangnya kesiapan dan peralatan pemerintah, khususnya Pemerintah Daerah, maka rasanya sudah perlu rakyat ikut terlibat secara langsung dan mengambil peran, khususnya pada tingkat yang paling rendah di RT/RW.


Virus Covid-19 merupakan persoalan kita bersama sebagai bangsa. Walaupun pemerintah menjadi pilar utama dalam menghadapi persoalan ini, tetapi pemerintah bukan satu-satunya dan dibiarkan sendirian menghadapinya.

Baca Juga : RT/RW Ujung Tombak Warga Tangkal Virus Korona

Kita bisa mengkritik berbagai hal mulai dari cara penanganan, sosialisasi, kesiapan institusional dan lain sebagainya. Tetapi dampak virus ini pada ujungnya akan menimpa kita semua sebagai anak bangsa.

Hampir semua negara di dunia menghadapi persoalan ini. Mungkin nantinya semua negara dan bangsa akan menghadapinya dan setiap orang akan terpapar Covid-19.

Hingga saat ini setiap negara seperti memperlihatkan ketangguhan masing-masing dalam menghadapi virus yang dengan senyapnya merasuki setiap manusia satu-persatu.

Baca Juga : Pepesthen Korona dan Bencana Kemanusian

Sifat, gejala, dampak dan pengobatan sementara sudah ditemukan, tetapi belum ditemukan obat khusus dan vaksin yang menjadi alat mengatasinya. Butuh waktu untuk memastikan efektifitas dan keamanannya. Bisa berbulan bulan, bahkan bertahun.

Menjaga kesehatan, hygienitas tubuh, menjaga jarak antar sesama hingga isolasi mandiri menjadi andalan sementara dalam menghadapi datangnya gelombang virus. Pilihan yang baik hingga saat ini, mengingat belum ada obat penyembuh yang pasti.

Angka kematian di Indonesia meningkat cukup cepat. Sementara metoda pendeteksian hingga saat ini dilakukan hanya terhadap orang-orang yang telah dalam keadaaan sakit atau memiliki genjala yang sudah sangat jelas. Sementara pada banyak kasus, tidak terlihat gejala yang jelas, bahkan tidak memiliki gejala sakit khusus.

Baca Juga : La Peste

Sementara itu masa inkubasi 14 hari adalah waktu dimana virus sudah bisa tersebar kepada banyak orang secara droplet atau droplet pada berbagai media lainnya.

Angka kematian yang semakin tinggi di Indonesia sesungguhnya menunjukkan bahwa jumlah orang yang telah terpapar jauh lebih tinggi lagi. Tetapi karena mereka dalam keadaaan sehat dan tidak menyadarinya, sementara dengan aktifitasnya, orang-orang tersebut sedang menyebarkan virus kemana saja.

Pemerintah berencana akan melakukan test secara langsung terhadap orang-orang yang sedang dalam keadaan sehat atau bergejala ringan. Hal bangus ini pada intinya akan membuka angka sesungguhnya warga yang telah terpapar selama ini. Bisa jadi akan meledak dalam jumlah.

Baca Juga : JFI dan JAKA Galang Donasi dan Bagikan Ribuan Handsanitizer

Bagaimana menghadapinya? Rumah Sakit kelihatannya akan kewalahan, sebagaimana terjadi di negara lain seperti dalam pemberitaan.

Inilah waktunya kita bergotong-royong, bahu-membahu saling menjaga sesama kita manusia. Khususnya dalam membantu sesama warga dalam melakukan isolasi yang baik.

Untuk itu mungkin ada baiknya dibentuk satuan kerja kecil di tingkat RT/RW yang bisa kita sebut sebagai Pos Darurat Warga (PDW). Pos yang menitikberatkan pada kerja penanganan teknis sehubungan dengan terlaksananya isolasi di lingkungan warga.

Baca Juga : Mudahkan Impor Atau Kita Harus Siapkan Eskavator

Dua persoalan penting yang perlu didukung oleh warga yang seadng melakukan isolasi adalah: Terkaminya akses medis dalam proses penanganan mereka dan kedua adalah Terjaminnya kebutuhan hidup sehari-hari bagi warga yang melakukan isolasi. Kekuatan warga sekitar/tetangga adalah kekuataan utama dalam melakukan hal tersebut, atau warga yang mengisolir diri akan benar-benar terisolir dan mengalami kesulitan untuk kebutuhan hidup dan pengobatan sakitnya.

Pos Darurat Warga (PDW) ini juga bisa menjadi perantara antara warga yang mengisolir dengan bantuan-bantuan yang akan diberikan kepada mereka.

Inilah waktunya kita menunjukan diri kita sebagai Indonesia, dengan kekuatan bergotong-royongnya!

Penulis Olis, Komunitas Menjaga Sesama

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top