Masyarakat Betawi adalah Masyarakat Kosmopolitan – strategi.id
Nusantara

Masyarakat Betawi adalah Masyarakat Kosmopolitan

Strategi.id - Masyarakat Betawi adalah Masyarakat Kosmopolitan

Strategi.id – Bertempat di Sudin Pusip Jakarta Utara, Jaringan Anak Nusantara (JARANAN) mengadakan Seminar Budaya Betawi Goes To Library, dengan tema “Telaah Atas Implementasi Kebijakan Pelestarian Kebudayaan betawi”. Sabtu (22/06/19).

Direktur Eksekutif Jaringan Anak Nasional (JARANAN) Nanang Djamaludin mengatakan, Masyarakat Betawi berasal dari Masyarakat Sungai yang disimbolisasikan dengan Roti Buaya.

Buaya dikenal dengan Setia terhadap pasangannya, makanya Masyarakat Betawi memaknai di setiap pernikahan dengan Tradisi di setiap Lamaran disertakan dengan Roti Buaya.

“Masyarakat Betawi juga disebut masyarakat kosmopolitan, budaya yang sering mengkolaborasi dari makanan sampai alat musik dan lain sebagainya” ujar Nanang.

Ditempat yang sama Rinaldo Rezeki M.L.Toruan mengatakan ciri-ciri etnis betawi adalah suku yang sangat terbuka terhadap suku lain diluar betawi.

Turut hadir sebagai narasumber antara lain: Nanang Djamaludin, Ronaldo Rezeki M.L.Toruan, Imam Sunarto, dan Amos Sury El Tauruy.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top