Mau Kemana Olah Raga Indonesia – strategi.id
Nusantara

Mau Kemana Olah Raga Indonesia

Strategi.id-Dunia olahraga Indonesia menjadi sorotan penting bagi Relawan Prabowo-Sandi dalam peningkatan prestasi dikancah internasional, tata kelola olahraga di pemerintahan, dan tunjangan bagi atlit yang berprestasi.

Kali ini Relawan Indonesia Muda kembali menggelar diskusi Jum’atan dengan tema ‘Mau Kemana Olahraga Indonesia?”, di Seknas Prabowo-Sandi, Jl. HOS Cokroaminoto No. 93, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Jum’at, (18/1/19).

Baca Juga : Korupsi Kemenpora, Indonesia Muda Desak KPK Usut Dana Asian Games 2018

Minimnya prestasi olahraga di tanah air bukan disebabkan oleh ketidak mampuan atlit nasional Indonesia untuk berkompetisi dengan atlit-atlit internasional.

Dalam kesempatan ini dikatakan Arief Rahman, prestasi olahraga Indonesia masih jauh dari harapan, apalagi untuk cabang olahraga rakyat yaitu sepak bola, karena masih dipenuhi oleh mafia dan suap (pengaturan skor)”, kata Koordinator Relawan Seknas Prabowo-Sandi.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga harusnya diisi olah mantan atlit, pecinta olahraga atau minimal aktivis yang memahami dunia olahraga dan kepemudaan, bukan asal comot saja”, tukas Arief.

Dikesempatan yang sama, wartawan senior olahraga, M. Niagara mengatakan, bahwa berbicara olahraga memiliki kompleksitas yang sangat tinggi. Biasanya orang hanya melihat pada permukaannya saja, padahal prosesnya panjang,” ungkapnya.

Baca Juga : Debat Capres Pertama, Sindiran Prabowo Terhadap Kampanye Di Media

Diera kepemimpinan nasional kedepan, pasca pilpres 2019 diharapkan ada angin segar peningkatan prestasi olahraga nasional.

“Ada enam hal dalam pemerintahan baru kedepan kalau olahraga di Indonesia mau maju. Pertama, political will dari pemerintah, kedua, politik anggaran, ketiga, pemisahan antara Kementerian Pemuda dengan Kementerian Olahraga, keempat, sarana dan prasarana, kelima, penyatuan KONI dan KOI, dan keenam, 2032 Indonesia dapat menjadi penyelenggara olimpiade yang pertama kali,” paparnya.

“Insya Allah kalau Pak Prabowo terpilih menjadi Presiden RI dalam pilpres 2019 nanti, Pak Prabowo mampu meningkatkan prestasi olahraga ketingkat internasional dan mempersiapkan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang,” tegas Niagara.

Wartawan senior ini yakin karena Pak Prabowo sukses memimpin IPSI dengan menyumbang empat belas medali emas dan membawa Indonesia masuk empat besar dalam Asian Games 2018 yang lalu,” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Sangap Surbakti, political will, politik anggaran, sarana dan prasarana, serta jaminan masa depan mantan atlit nasional berprestasi menjadi harga mati dalam meningkatkan prestasi olahraga di tanah air,” terang Ketua Relawan Jaringan Atlit dan Pelatih Prabowo-Sandi (JAPPS).

“Dunia olahraga Indonesia harus punya rumah sendiri. Gelora Bung Karno yang diharapkan sebagai rumah olahraga kini lebih mengedepankan kepentingan bisnis, ketimbang kepentingan olahraga dan sosial-politik. Mau latihan serba sewa, pakai tempat mahal, bagaimana prestasi olahraga mau meningkat,’ imbuh Sangap.

Sangap berharap, kalau pilpres 2019 Prabowo-Sandi menang dan akan melakukan terobosan besar dalam tata kelola olahraga Indonesia yang berdampak bagi peningkatan prestasi olahraga nasional dan kesejahteraan ,mantan atlit berprestasi” imbuhnya.

baca juga : Dalam Debat Prabowo Nilai Penegakan Hukum Belum Adil

Masih menurut Sangap, pemerintah juga harus mengontrol ketat proses rekrutmen atlet yg akan ikut seleksi masuk PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar) dan SKO (Sekoah Khusus Olahraga) baik di tingkat Pusat maupun daerah-daerah, khususnya penggunaan anggarannya,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top