Memaknai Pertemuan Jokowi Dengan SBY dan Prabowo - strategi.id
Nusantara

Memaknai Pertemuan Jokowi Dengan SBY dan Prabowo

Strategi.id-Pertemuan Jokowi Dengan Prabowo
Strategi.id- Memaknai Pertemuan Jokowi Dengan SBY dan Prabowo

Strategi.id- Pertemuan Presiden Joko Widodo dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, di Istana Merdeka, Jumat (11/10/19) kemarin, berlangsung cair dan penuh canda tawa.

Suasana berbeda terjadi sehari sebelumnya saat Presiden Jokowi bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Padahal, kedua pertemuan tersebut membahas hal yang sama, yakni peluang untuk masuk ke kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

baca juga : Prabowo : Tak Ada Rekayasa Terhadap Penusukan Wiranto

Apabila memaknai kedua pertemuan ini apakah ini menimbulkan pesan tersirat Gerinda Masuk koalisi Jokowi sedangkan Demokrat tidak?

Jokowi Tersenyum dan Tertawa Lepas Dengan Prabowo

Saat menyambut kedatangan Prabowo, senyum terkembang lebar dari wajah Jokowi. Begitu juga Prabowo langsung menjabat tangan Jokowi sambil tersenyum.

Keduanya berjabat tangan selama beberapa saat sambil menghadap kamera awak media. Setelah melakukan pertemuan tertutup selama sekitar 45 menit, Jokowi dan Prabowo berjalan ke luar ruangan sambil tertawa lepas.

Baca Juga : Jokowi : Soal Koalisi Tanyakan ke Pak SBY Langsung

Jokowi sebagai tuan rumah bicara lebih dulu. Ia mengaku membincangkan banyak hal dengan Prabowo. Mereka bicara mulai dari kondisi ekonomi global, politik dan keamanan, hingga rencana pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur.

“Bercerita banyak kenapa pindah ke Kalimantan Timur, alasannya ini-ini-ini. Kami sampaikan semuanya dengan Pak Prabowo Subianto,” kata Jokowi.

baca juga : Pengamat Sebut Penjagaan kepada Kepala Negara Lebih Diperketat Lagi

Selain itu, Jokowi juga mengakui ia dan Prabowo turut membahas peluang Partai Gerindra masuk ke dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf.

“Ini belum final, tapi kami sudah bicara banyak mengenai kemungkinan Partai Gerindra koalisi kita,” kata Jokowi.

Siap mendukung Setelah itu, Jokowi mempersilakan Prabowo bicara. Prabowo mengaku, ia diundang oleh Jokowi dan keduanya membahas berbagai isu.

Untuk isu pemindahan ibu kota, Prabowo dengan tegas menyatakan dukungannya.

“Saya mendukung gagasan (pemindahan) ibu kota. Tentunya beliau mengatakan akan melalui kajian-kajian yang tepat dan sudah dilaksanakan banyak kajian dan kami akan mendukung gagasan itu,” kata Prabowo.

Baca Juga : Wiranto Tetap Tegar

Prabowo lalu masuk ke topik koalisi. Rival Jokowi pada Pilpres 2014 dan Pilpres 2019 ini memastikan Partai Gerindra siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf apabila diperlukan.

“Saya berpendapat, kita harus bersatu. Jadi saya sampaikan ke beliau, apabila kami diperlukan kami siap untuk membantu,” kata dia.

Jokowi : Tanyakan Saja Secara Langsung Ke SBY Mengenai Koalisi

Sedangkan jika melihat pertemuan Jokowi dengan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono memang sedikit berdeda suasana.

Pertemuan yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/9/19) yaitu sehari sebelum pertemuan JOkowi dengan Prabowo.

Baca Juga : Jokowi Minta Doanya Buat Kesembuhan Wiranto

SBY diterima Jokowi di ruang Garuda, Istana Merdeka. Ketua Umum Partai Demokrat itu mengenakan kemeja batik coklat, sementara Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang andalannya.

Ketika ditanya apa isi pembicaraan keduanya, saat itu Jokowi mengaku membahas banyak hal. “Berkaitan dengan politik nasional, ekonomi nasional, diskusi banyak hal,” ucap Jokowi Kamis (10/10/19).

Saat media diberi kesempatan untuk mengambil gambar, Jokowi dan SBY tampak berbincang serius. Namun, tak terdengar apa yang mereka bicarakan.

Pertemuan itu berlangsung selama kurang lebih satu jam. Usai pertemuan, SBY langsung meninggalkan Istana Kepresidenan.

Presiden Jokowi mengantarnya sampai ke teras samping Istana Merdeka. Di sana, mobil golf sudah menunggu untuk mengantar SBY menuju kendaraannya.

Baca Juga : Bamsoet : Saya Benteng Terakhir Pak Jokowi Apa Bila Ada Serangan Impeachment

Setelah itu, Jokowi kembali masuk ke Istana Kepresidenan dan memberi keterangan kepada media seorang diri. Ia menyebut pertemuan dengan SBY sudah dirancang sejak lama. 

“Ini saya dengan Pak SBY sudah janjian lama tapi belum pas waktunya dan hari ini Alhamdulillah pas waktunya dan ketemu,” kata Jokowi.

Jokowi mengaku membahas situasi politik terkini dengan SBY. Ia pun mengakui turut membahas peluang Partai Demokrat bergabung ke kabinetnya di periode kedua bersama Ma’ruf Amin.

Namun belum ada titik temu antara kedua pihak. “Kita bicara itu (peluang Demokrat masuk kabinet), tapi belum sampai sebuah keputusan,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Buzzer atau Bussyet

Jokowi menambahkan, belum ada nama-nama menteri yang diusulkan oleh SBY. Ini termasuk saat ditanya apakah SBY mengajukan putera sulungnya Agus Harimurti Yudhoyono, Jokowi juga menjawab belum.

“Enggak sampai ke sana, belum sampai ke sana,” kata Jokowi. Jokowi pun meminta wartawan bertanya kepada SBY apakah bersedia membawa partainya bergabung ke pemerintahan atau tidak.

“Ditanyakan ke Pak SBY langsung,” kata dia. Sayangnya, SBY tak ikut saat Jokowi memberi keterangan ke awak media.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top