Menengok Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu – strategi.id
Teknologi

Menengok Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

detik

Strategi.id – Menengok Peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap. Perkembangan energi terbarukan di Indonesia semakin mengalami kemajuan dengan diresmikannya Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidenreng Rappang (Sidrap), Sulawesi. Proyek pembangkit listrik tenaga angin pertama Jokowi ini mengandalkan tenaga angin dan uap untuk mengalirkan listrik kepada para penggunanya.

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari Senin 2 Juli 2018 tersebut berlokasi di Sidenreng Rappang (Sidrap) Sulawesi Selatan merupakan pembangkit listrik berkapasitas 75 megawatt (MW).

Dibangun sejak Agustus 2015, PLTB ini merupakan kombinasi dari 30 tiang kincir angin raksasa setinggi 80 meter, dengan baling-baling sepanjang 57 meter. Turbin-turbin menara ini dapat menghasilkan total 75 megawatt, yang dapat digunakan untuk mengaliri lebih dari 70.000 pelanggan listrik dengan daya 900 VA. Untuk mengalirkan listrik ke rumah pelanggan, pusat pembangkit listrik ini telah dibekali 30 turbin angin yang masing-masing platnya memiliki kapasitas 2,5 megawatt. Turbin angin yang dipakai adalah turbin angin model Gamesa Eolica Corporation G114 kelas IIA.

Baling-baling sepanjang 57 meter aan telah dipasang di atas lahan seluas 100 hektare untuk memutar turbin angin agar kedepannya dapat menghasilkan listrik dengan maksimal. Kecepatan angin di daerah Sidrap sendiri diperkirakan mencapai 7 mil per detik yang dipergunakan untuk memutar sudut turbin yang diteruskan memutar rotor generator di bagian belakang turbin angin.

Setelah PLTB Sidrap ini resmi beroperasi, kebun – kebun dengan energi yang bersumber dari angin baru juga akan menyusul untuk didirikan. Di Sulawesi Selatan, Jeneponto tepatnya, saat ini PLTB Tolo juga sedang dibangun. Dan akan menyusul juga di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan dan direncanakan juga di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Selain tenaga angin, Indonesia kaya akan energi baru terbarukan lainnya, seperti panas bumi, energi matahari, biomassa hingga energi air. Pembangunan berbagai jenis pembangkit energi terbarukan ini seiring dengan semangat pemerintah untuk meningkatkan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) mencapai 23 persen dari total bauran energi nasional pada tahun 2025 mendatang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top