Mengabdi Untuk Papua - strategi.id
Dialektika

Mengabdi Untuk Papua

Strategi.id - Mengabdi Untuk Papua

Strategi.id – Pria yang sedang bersama anak-anak asrama ini bernama Arief Rahman Hakim S.Ikom, M.A.P. Ia berasal dari alumni S2 Ilmu Administrasi Prof. Dr. Moestopo Jakarta lulusan tahun 2019. Kebetulan waktu kuliah dan selama penelitian tesisnya saya adalah dosen pembimbingnya.

Yang menarik, selama proses bimbingan tesis Arief selalu bertanya tentang kondisi Papua, khusunya di tempat saya dulu melayani dan bekerja di Yayasan Pesat Nabire.

Katanya ia ingin sekali ke sana setelah di wisuda nanti, untuk menjadi seorang guru atau dosen supaya ia bisa mengenal lebih lagi tentang Papua dan membagikan ilmu pengetahuan dan keahliannya kepada masyarakat asli Papua.

Jujur, waktu itu saya sangat senang mendengar keinginannya tersebut, tetapi saya tidak langsung mengiyakan.

Saya minta kepadanya untuk banyak berdoa dan berpikir masak-masak karena bekerja dan tinggal di Nabire Papua sangat berbeda jauh kondisinya dengan di Jakarta sebagai kota metropolitan.

Beberapa bulan kemudian, ia datang kembali kepada saya, dan mengatakan bhw tekadnya sudah sangat bulat untuk datang bekerja di Nabire Papua. Akhirnya, dua minggu lalu ia datang ke sana dan telah bekerja mengabdi menjadi guru mengajar dan mendidik anak-anak Papua.

Sebagai dosennya, saya sangat senang dan bangga dgn apa yang dilakukan Arief, krn sudah cukup jarang orang-orang muda dengan pendidikan yang sangat tinggi dari kota besar mau mengabdi ke pelosok-pelosok daerah untuk membangun dan mencerdaskan anak-anak bangsa.
Sungguh hebat & mulia.

Salam Perubahan,

Penulis Oleh: Dr. Harry Nenobais (Pengamat kebijakan publik).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top