Mengenal 8 Menteri Perempuan Dikabinet Jokowi - strategi.id
Nusantara

Mengenal 8 Menteri Perempuan Dikabinet Jokowi

Strategi.id – Ada 8 menteri perempuan di Kabinet Kerja Presiden Jokowi. Ini adalah rekor jumlah menteri perempuan terbanyak sepanjang sejarah Republik Indonesia.

Ada beberapa fakta menarik dari para menteri perempuan itu, ini daftarnya:

1. Menlu Perempuan Pertama (Retno Lestari Priansari Marsudi – Menteri Luar Negeri)

Presiden Jokowi menunjuk Retno Lestari Priansari Marsudi sebagai Menteri Luar Negeri. Bahkan, saat memperkenalkan Retno, Jokowi menyebutkan keistimewaan Retno ini.

“Beliau menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia,” kata Jokowi di halaman Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Minggu (26/10/14).

Perempuan kelahiran 27 November 1962 ini memiliki pengalaman sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Norwegia dan Republik Islandia. Posisi itu ia pegang selama 3 tahun. Retno kemudian menjadi warga negara Indonesia yang pertama kali menerima penghargaan Order of Merit dari Kerajaan Norwegia.

2. Menteri Perempuan Papua Pertama (Yohana Susana Yambise – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)

Selain memiliki menteri luar negeri perempuan pertama, kabinet kerja Jokowi – JK ini juga mempunyai menteri wanita pertama yang berasal dari Papua.

Kini, selain menjadi profesor pertama dan profesor perempuan pertama dari Papua, Yohana juga menjadi perempuan pertama dari Papua yang menjadi menteri.

baca juga : JK: Ini Rekor, 25 Persen Menteri di Kabinet Jokowi itu Perempuan
3. Menteri Tak Lulus SMA ( Susi Pudjiastuti – Menteri Kelautan dan Perikanan)

Ada berbagai hal yang membuat Susi Pudjiastuti ramai dibicarakan publik, salah satunya adalah fakta bahwa ia tidak lulus SMA. Meskipun begitu, hal tersebut tidak menghalangi Susi untuk merintis usahanya dari bawah hingga menjadi sukses seperti sekarang.

Usahanya bergerak mulai dari bidang perikanan hingga penerbangan. Untuk penerbangan, Susi mengawali bisnisnya hanya dengan 2 unit pesawat Cessna Caravan pada tahun 2004. 

Sebelum menjabat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi merupakan Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product (eksportir hasil-hasil perikanan) dan PT ASI Pudjiastuti Aviation (maskapai penerbangan Susi Air).

4. Menko Perempuan Termuda (Puan Maharani – Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan)

Puan yang kelahiran 6 September 1973 menjabat Menko dalam usia 41 tahun. Berarti, dia menjadi menteri koordinator perempuan termuda yang pernah ada. 

Puan memulai karir politiknya ketika menjadi anggota DPP KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) Bidang Luar Negeri. Puan bertugas di Komisi I menggantikan posisi Tjahjo Kumolo di DPR periode 2009-2014.

Sebelum ditunjuk menjadi Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan sempat menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP di DPR periode 2014-2019 dan menjadi menteri termuda di kabinet kerja Jokowi – JK.

baca juga : Sri Mulyani, Menteri Keuangan Dan Ekonom Terbaik RI
5. Rini Mariani Soemarno – Menteri Badan Usaha Milik Negara

Ada juga menteri perempuan di Kabinet Kerja yang sudah pernah menjabat. Mereka adalah Rini Mariani Soemarno, yang pernah menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan di zaman Presiden Megawati Soekarnoputri sejak tahun 2001-2004. Di Kabinet Kerja, Rini Soemarno menjabat Menteri BUMN.

6. Khofifah Indar Parawansa – Menteri Sosial

Selain itu, menteri perempuan lain yang sudah pernah menjabat adalah Khofifah Indar Parawansa. Khofifah pernah menjabat Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di masa Presiden Abdurrahman Wahid yang menjabat 1999-2001. Kini, Khofifah dipercaya Presiden Jokowi menjabat Menteri Sosial.

7. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

Lahir di Bandar Lampung pada tanggal 26 Agustus 1962. Menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia (1986). Melanjutkan pendidikannya di University of Illinois Urbana Champaign, Amerika Serikat dan mendapatkan gelar Master of Science of Policy Economics (1990). Setelah itu ia mendapatkan gelar Ph.D of Economics (1992).

Di tahun 2008, ia menjabat Pelaksana Tugas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian setelah Menko Perekonomian Dr. Boediono dilantik sebagai Gubernur Bank Indonesia. Kemudian pada 1 Juni 2010 Sri Mulyani Indrawati menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Pada tanggal 27 Juli 2016, Beliau dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Keuangan kembali dalam Kabinet Kerja. 11 Februari 2018 ia dinobatkan sebagai menteri terbaik dunia pada kegiatan World Government Summit di Dubai.

8. Siti Nurbaya Bakar – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Sudah 30 tahun Siti Nurbaya malang melintang di jajaran pemerintahan.  Siti Nubaya merupakan Ketua DPP Partai Nasional Demokrat dan ia juga aktif sebagai dosen di IPB dan pembina lembaga swadaya masyarakat.

Sebelum menjabat menjadi  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya adalah PNS berpretasi dengan meraih banyak penghargaan di antaranya Satya Lencana Karya Satya XXX dan XX dan PNS Teladan. Puncaknya pada 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan Bintang Jasa Utama.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top