Mengenal Buah Viral 3 Rasa dari Papua – strategi.id
Nusantara

Mengenal Buah Viral 3 Rasa dari Papua

Strategi.id - Mengenal Buah Viral 3 Rasa dari Papua

Strategi.id – Mungkin sebagian orang sudah mendengar buah asal daerah Papua yang satu ini, namanya Matoa. Buah yang belakangan waktu ini lagi viral di sosial media, kini banyak orang mulai menjajakan dagangan dari buah imut berwarna kemerahan.

Namun bagi yang belum tahu mengenai buah imut yang satu ini, mari kita mengenal lebih dekat dengan buah Matoa asal dari daerah Papua.

Apa itu buah MATOA? Matoa dalam bahasa latin (Pometia pinnata) adalah nama tanaman yang menghasilkan buah dengan nama yang sama, yakni buah matoa. Buah matoa belakangan ini kepopulerannya kian melejit, dan terkenal sebagai buah khas daerah Papua.

Pohon matoa adalah tumbuhan yang masih satu keluarga dengan rambutan, yaitu famili Sapindaceae. Di Papua, pohon matoa tumbuh dan tersebar hampir disetiap daerah, antara lain : dataran Seko (Jayapura), Wondoswaar-pulau Weoswar, Anjai Kebar, Warmare, Armina-Bintuni, Ransiki,Pami-Nuni (Manokwari); Samabusa-Nabire, dan pulau Yapen (Karyaatmaja dan Suripatty). 

Matoa tumbuh berkelompok pada tempat-tempat tertentu di dalam hutan. Wajar saja jika matoa dikenal sebagai tanaman khas Papua dan menjadi flora identitas dan kebanggaan masyarakat Propinsi Papua.

Ada yang mengatakan rasa buah matoa berubah-ubah, ada yang bilang rasa buah matoa seperti rambutan. Ada juga yang bilang rasanya seperti durian. Intinya rasa buah matoa susah didefinisikan, rasanya “ramai” dan yang pasti berasa manis. Bagi yang sudah merasakan aroma dan rasa buah matoa seperti antara rasa buah rambutan dan klengkeng.

Di Papua dikenal 2 jenis matoa, yaitu Matoa Kelapa dan Matoa Papeda. Ciri yang membedakan keduanya adalah terdapat pada tekstur buahnya, Matoa Kelapa dicirikan oleh daging buah yang kenyal seperti rambutan aceh, diameter buah 2,2-2,9 cm dan diameter biji 1,25-1,40 cm.

Sedangkan Matoa Papeda dicirikan oleh daging buahnya yang agak lembek dan lengket dengan diamater buah 1,4-2,0 cm. Tanaman ini mudah beraptasi dengan kondisi panas maupun dingin. Bagi sobat yang penasaran dengan rasa buah viral ini, jangan lupa untuk mencicipi ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top