Mengenal Kopi Nusantara, Mana Favoritmu? – strategi.id
Nusantara

Mengenal Kopi Nusantara, Mana Favoritmu?

Strategi.id - Mengenal Kopi Nusantara, Mana Favoritmu?

Strategi.id – Bicara tentang kekayaan dan anugrah indonesia seakan tidak ada habisnya, mulai dari zaman dahulu indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan rempah-rempahnya. Salah satunya adalah Kopi indonesia yang sudah terkenal khas dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Sekarang ini indonesia menduduki urutan ke empat negara penghasil kopi terbaik di dunia. Jenis-Jenis Kopi Nusantara jumlahnya sangat banyak akan tetapi hanya sedikit yang digemari oleh para pecinta kopi.

Di antaranya adalah Kopi Aceh Gayo, Kopi Sumatra Mandheling, Kopi Lintong, Kopi Kalosi Toraja, Kopi Lampung, Kopi Kintamani Bali, Kopi Jawa Prenger, dan Kopi Papua.

Berikut ini beberapa jenis kopi paling juara yang dihasilkan oleh nusantara, mana favoritmu :

1.  Kopi Aceh Gayo

Hasil gambar untuk kopi aceh gayo

Kopi Aceh Gayo | Sumber : Negeriku Indonesia

Kopi Aceh Gayo merupakan salah satu kopi Arabica terbaik di seluruh dunia. Cita rasa kopi Gayo sendiri terasa lebih pahit dengan tingkat keasaman rendah. Aromanya yang sangat tajam menjadikan jenis kopi ini disukai. Meskipun memiliki citarasa pahit, namun ada rasa gurih yang diberikan setelah usai meneguk kopi ini.

2. Kopi Toraja

Hasil gambar untuk kopi toraja

Kopi Toraja | Sumber : BumiKopi.com

Kopi paling dikenal dari Sulawesi adalah Kopi Toraja. Rasa yang kuat dan kadar asam yang tinggi menjadi salah satu ciri khas dari Kopi Toraja. Meskipun sedikit mirip dengan kopi-kopi dari Sumatera, aroma yang dihasilkan kopi teraja memiliki kekhasan sendiri. Keunikan itulah yang diminati oleh para pecinta kopi seluruh dunia.

3. Kopi Bali Kintamani

Hasil gambar untuk kopi bali kintamani

Kopi Bali Kintamani | Sumber : Kopi Jhony

Kopi Bali Kintamani memiliki cita rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal tersebut terjadi dikarenakan tanaman kopi di Bali Kintamani ditanam bersamaan dengan tanaman lain seperti aneka sayuran dan buah jeruk. Dengan proses penanaman tumpang sari seperti ini, Kopi Bali Kintamani memiliki aroma segar dengan citarasa lebih lembut dibanding kopi nusantara lainnya.

4. Kopi Papua Wamena

Hasil gambar untuk kopi papua wamena

Kopi Papua Wamena | Sumber : Bukalapak

Kopi dari timur Indonesia yang ditanam pada ketinggian 1.200 m menghasilkan citarasa ringan dengan aroma yang tajam. Hal yang paling istimewa dari kopi ini karena ditanam secara organik, tanpa campur tangan bahan kimia apapun. Jika kamu menyukai kopi yang ringan, bertekstur lembut dan nyaris tanpa ampas maka Kopi Papua Wamena menjadi pilihan yang tepat.

5. Kopi Flores Bajawa

Gambar terkait

Kopi Flores Bajawa | Sumber : Woordpress

Kopi Flores Bajawa dihasilkan terutama dari Kabupaten Ngada. Kopi ini memiliki sedikit aroma fruity dan sedikit bau tembakau merupakan citarasa yang diberikan pada after taste-nya. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Nah dari 5 kopi diatas mana yang jadi favoritmu? Kalau belum coba, jangan lupa untuk mencobanya ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top