Menguranggi Kemacetan Proyek Pembangunan Kereta Cepat dan LRT di Tol Cikampek Dihentikan Sementara – strategi.id
Infrastruktur

Menguranggi Kemacetan Proyek Pembangunan Kereta Cepat dan LRT di Tol Cikampek Dihentikan Sementara

Strategi.id- Ilustrasi_Jalan_Tol_Jakarta_Cikampek_II_Elevated

Strategi.id- Kemacetan yang kian menjadi dari arah Cikampek ke Pondok Gede maupun arah sebaliknya Pondok Gede Cikampek akirnya Diputuskan pemberhentian sementara pembangunan LRT dan kereta cepat yang melintas di sepanjang ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek. Hal ini dilakukan untuk mengurai kemacetan yang terjadi di ruas tol tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta para stakeholder untuk memperhatikan dampak dari pembangunan kepada masyarakat, khususnya kemacetan. Untuk itu, Menhub memutuskan untuk menghentikan sementara pembangunan LRT dan kereta cepat di ruas tol Cikampek-Jakarta di KM 11 sampai KM 17.
“KCIC (kereta cepat) jangan berkegiatan di sini dulu, di tempat yg lain. LRT juga ada satu kegiatan di KM 14, di Kali Bekasi saya minta untuk ditunda beberapa bulan ke depan,” ujar Budi Karya usai rapat pembahasan perluasan ganjil-genap bersama Jasa Marga di Grand Dhika City, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/11/18).
“LRT dan KCIC tidak berkonstruksi di KM 11 sampai KM 17, tidak ada kegiatan di sana,” imbuh Budi Karya.

Namun, Budi tidak menjelaskan sampai kapan penghentian pembangunan LRT dan kereta cepat ini dilakukan. Selain itu, kepada Jasa Marga, Budi, menargetkan penyelesaian Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated bisa selesai sebelum Lebaran tahun 2019.
“Kepada Jasa Marga yang sekarang ini waktunya ketat sekali, sekarang 57 persen (pengerjaan Tol Jakarta-Cikampek Elevated). Kita ingin nanti Lebaran selesai,” jelasnya.
Budi mengatakan, Kemenhub dan Jasa Marga akan menggelar rapat kembali untuk mengetahui detail dari pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated.
“Jadi, saya minta Bu Desi (Dirut Jasa Marga) besok sore rapat dengan saya. Selasa atau Rabu ada suatu keputusan yang berkaitan dengan Bu Desi,” ungkapnya.
“Apakah itu adalah prioritas yang harus dikerjakan sekarang atau waktunya lain atau ada suatu rekayasa konstruksi yang lebih soft terhadap lalu lintas ini,” lanjutnya
Hal ini untuk menentukan apakah perlu adanya evaluasi cara mengkonstruksi atau adanya pelebaran ruang-ruang pembatasan pembangunan.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated atau disebut Tol Jakampek Elevated adalah sebuah jalan tol layang yang saat ini dibangun sepanjang 39 km.

Tol Jakampek Elevated guna mengurangi kemacetan panjang yang berada di sepanjang Jalan Tol Jakarta-Cikampek ini dimulai dari Gerbang Tol Pondok Gede Timur hingga Gerbang Tol Karawang Barat sepanjang 39 km di km 9 sampai 48

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top