Menteri BUMN Rini Soemarno Menetapkan Nicke Widyawati Sebagai Direktur Utama PT Pertamina – strategi.id
BUMN

Menteri BUMN Rini Soemarno Menetapkan Nicke Widyawati Sebagai Direktur Utama PT Pertamina

Strategi.id - Menteri BUMN Rini Soemarno Menetapkan Nicke Widyawati Sebagai Direktur Utama Pertamina (foto : is)

Strategi.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno telah menetapkan Plt Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama. Nicke menjadi Direktur Utama setelah menjabat sebagai Plt dari bulan April 2018 mengalahkan dua kandidat lain yang di sodorkan oleh Jokowi.

Untuk diketahui, Menteri BUMN Rini Soemarno mengangkat Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Sebelumnya, Nicke menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama BUMN tersebut.

Pengangkatan dilakukan di Kantor BUMN pada Rabu pagi ini, oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno.

Ia melanjutkan, Menteri BUMN juga mengangkat dua pejabat lain di Pertamina. “Pak Darmawan Samsu sebagai Direktur Hulu dan Pak Koeshartanto sebagai Direktur SDM,” kata dia.

Sebelum Menjabat Direktur Utama, Nicke pernah menjabat sebagai Direktur SDM Pertamina. Dia diangkat berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-256/MBU/11/2017 tanggal 27 November 2017 tentang Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan.

Wanita kelahiran Tasikmalaya 25 Desember 1967 ini juga sempat menjabat sebagai Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina. Penugasan Nicke berdasarkan Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-39/MBU/02/2018 tanggal 13 Februari 2018.

Posisi dirut perusahaan minyak dan gas terbesar di Indonesia tersebut sudah kosong selama kurang lebih empat bulan.

Lantas, bagaimana sepak terjang wanita ini di dunia badan usaha milik negara (BUMN)?

Nicke Widyawati sebetulnya bukan orang baru di Pertamina. Sebelumnya ia sudah menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut Pertamina semenjak turunnya Elia Massa Manik pada April lalu.

Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) ini memiliki fondasi karier yang kuat di BUMN

Di luar Pertamina, dia pernah menjabat di PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1.

Semasa ia menjabat sebagai Plt Dirut Pertamina, Nicke melakukan beberapa terobosan seperti mendorong penambahan produksi blok migas Rokan, dan melakukan eksplorasi 7.000 titik baru.

Inovasi yang dilaksanakan pada era Nicke Widyawati sebagai pelaksana tugas adalah keberadaan barcode pada Elpiji untuk mengawasi penyebaran gas melon. Selain itu, ada juga gas Elpiji 3 kilogram berwarna pink.

Akhirnya, Menteri BUMN Rini Soemarno resmi menunjuk Nicke sebagai Dirut Pertamina. Nicke berhasil mengalahkan dua nama lain yang juga disodorkan Rini ke Presiden Joko Widodo.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top