Menteri ESDM: Saatnya SPBU Gunakan Energi Baru Terbarukan - strategi.id
Teknologi

Menteri ESDM: Saatnya SPBU Gunakan Energi Baru Terbarukan

Strategi.id - Menteri ESDM: Saatnya SPBU Gunakan Energi Baru Terbarukan

Strategi.id – Dalam acara peluncuran SPBU dengan konsep Green Energy Station (GES) di Kawasan Kuningan, Jakarta (10/12/18), Menteri ESDM Iganasius Jonan mengapresiasi invovasi baru Pertamina dalam menerapkan konsep energi baru dan terbarukan dalam kegiatan usahanya.

SPBU COCO di Jalan HR Rasuna Said menjadi pilot project dari Pertamina, menurut keterangan dari Direktur Utama Pertamina, Nike Widyawati, “25 persen suplay listrik di SPBU COCO ini sudah menggunakna solar pv 2×30 KWP, dan batrei 12 KW”.

Baca Juga : Jokowi “Pentingnya Energi Baru Terbaharukan “

SPBU COCO juga dilengkapi dengan converter charging station, yang digunakan untuk mengisi ulang batrei mobil listrik. Coverter tersebut dibagi menjadi tiga bagian, fast charging selama 20 menit; charging normal yang bisa digunakan mengisi bahan bakar selama 30 menit; dan coverter yang dijual ke rumah-rumah mengisi batrei selama 2 jam.

Namun Jonan mengingatkan Pertamina, “ke depan sebelum pak (menunjuk kepada salah satu jajaran direksi Pertamina), paling tidak 6.500 SPBU dengan logo pertamina di Indonesia harus sudah menggunakan solar pv dalam menunjang kegiatan usahanya”.

Baca Juga : 2019 KIA Mulai Jualan Mobil Listrik

Jonan menambahkan, jika digunakan untuk keseluruhan kegiatan SPBU, mungkin agak sulit di daerah-daerah tertentu. Namun, jika hanya digunakna untuk penerangan, itu sangat bisa. Jika tidak ada solar pv 2×30 KWP, bisa menggunakan solar pv dengan daya 1×5 KWP.

“energy baru dan terbarukan merupakan masa depan bagi bangsa Indonesia, bahkan masa depan dunia, karena dalam rangka mengurangi emisi gas buang,” tutup Jonan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top