MERDEKA ATAU MATI..? – strategi.id
Corong

MERDEKA ATAU MATI..?

Strategi.id - MERDEKA ATAU MATI..?

Strategi.id – Mengawali catatan singkat ini saya ucapkan Selamat Ulang Tahun Indonesiaku, Nusantara Raya tumpah darahku. Usiamu semakin senja, jutaan Rakyat Indonesia mengenang, merenung, merayakan bahkan ada juga yang meratapi nasib Negeri tercinta ini, tidak sedikit pula Rakyat Indonesia tak perduli dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia karna dianggabnya Indonesia “Belum Merdeka”.

Perayaan hari Kemerdekaan Indonesia kali ini tahun 2020 Masehi, dihantui rasa waswas karna Indonesia belum merdeka dari pandemi covid 19, namun sebagian Masyarakat Indonesia pun tidak perduli dengan wabah yang menghebohkan sejagad dunia tersebut. Terlepas dari hantu corona dan sebagainya, kita sebagai warga Negara Indonesia, maka sepantasnya secara seksama melakukan intropeksi, merefleksikan arti dari “MERDEKA” secara substantif, bukan hanya normatif belaka.

Indonesia kala itu ditahun 1945 adalah Indonesia Merdeka dari agresi militer para penjajah, baik Jepang maupun Belanda, namun seiring dengan berputarnya waktu, Indonesia hari ini dan akan datang harus meningkatkan kesadaran dan kemampuan akan pentingnya Merdeka dari penjajahan ekonomi, Merdeka dari intervensi Asing dan Aseng dan yang paling penting adalah Rakyat Indonesia WAJIB di Merdekakan dari beban hutang Negara.

Rakyat Indonesia semakin hari semakin cerdas. Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yang setiap tahunnya di_inisiasi oleh Pemerintah pusat sampai kedaerah pedalaman, hanya dianggab acara seremoni belaka sebagai “Pelipur Lara”, acara rutin tahunan untuk mengisi rasa pengat karna tekanan beban hidup yang semakin hari kian berat, belum lagi Pemerintah Pusat terkesan “tidak ikhlas” memberikan otonomi khusus kepada Rakyat Papua yang sampai hari ini belum diberikannya secara kongkret utuh, adalah Problem tersendiri bagi Kemerdekaan Indonesia di masa kini dan masa akan datang.

Saya (baca: Penulis) sangat memahami psikologi Rakyat Indonesia ditengah wabah covid 19 yang tak kunjung hilang dari permukaan publik Indonesia, walaupun banyak analisa dan temuan bahwa Indonesia hanyalah “korban pembentukan opini publik global” tentang covid 19.

Maka catatan kecil ini saya berikan penutup dengan narasi; Wahai Indonesiaku.., tanah tumpah darahku…, diusiamu yang senja kala ini.., apakah engkau akan MERDEKA atau justru MATI..? Wallahua’lam..
Sekian..!

Penulis: M Husni Mubarok-MHM
(Pengusaha & Penulis Buku).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top