Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Ngayah - strategi.id
Corong

Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Ngayah

Strategi.id - Nilai-Nilai Pancasila Dalam Tradisi Ngayah

Strategi.id – Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing” tentu kita sudah tidak asing mendengar ucapan tersebut bukan? Ucapan tersebut memiliki makna yaitu berat atau mudahnya pekerjaan, akan semakin mudah jika dikerjakan bersama-sama. Masyarakat Bali memiliki sebuah tradisi yang menganut ucapan tersebut.

Tradisi tersebut bernama ngayah. Bagi warga Bali tradisi ini sangatlah dihargai, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Kata ngayah sendiri berasal dari Bahasa Bali dengan akar kata “Ayah, Ayahan, Pengayah, Ngayahang” yang berarti pelayanan atau orang yang bertugas melayani dan mengabdikan diri tanpa memperoleh imbalan. Ngayah dapat dikatakan juga sebagai ajang pemersatu masyarakat karena dengan menjalankan ngayah mereka bisa berkumpul dan bercengkrama satu sama lain. Tujuan atau fungsi utama adanya acara ngayah ini yaitu untuk mensukseskan suatu acara, biasanya acara keagamaan terutama acara yang sifatnya besar.

Di masa pandemi ini, ngayah mengalami beberapa perubahan terhadap pelaksanaanya. Di masa pandemi ini hanya orang tuanya saja yang diminta untuk hadir sedangkan anak-anaknya dan cucu tidak. Sehingga hanya sekitar 25% sampai 50% saja yang hadir dibanding masa sebelum pandemi. Dan apabila masyarakat memiliki kegiatan lain yang tidak dapat ditinggalkan, maka mereka tidak perlu melakukan ngayah namun bisa menggantinya dengan uang atau dikenal dengan istilah dana punia (ngayah dana).

Tradisi ngayah ini dapat diimplementasikan kepada nilai-nilai pancasila. Pada saat ngayah dilakukan, adanya keyakinan bahwa segala yang mereka lakukan dengan ketulusan akan memperoleh pahala dari Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu, masyarakat saling membantu secara sukarela tanpa ada paksaan dari siapapun. Kegiatan ngayah ini didasari dengan ketulusan masyarakat dalam memperkuat persatuan dan berjalan sesuai dengan aturan dan tata cara yang telah disepakati secara musyawarah dan mufakat oleh masyarakatnya. Dan yang terakhir, semua orang dalam kegiatan Ngayah mendapatkan perlakukan yang sama dan adil, tanpa adanya unsur membeda-bedakan satu dengan yang lainnya.

Dan terakhir, tradisi ngayah ini juga mempunyai manfaat-manfaat tersendiri seperti menambah pengetahuan akan upacara agama. Tentunya, hal ini akan meningkatkan keyakinan mereka akan agama yang dianut. Dan menguatkan sifat gotong royong kepada generasi muda penerus bangsa.

Penulis Oleh: Rialdo Rezeky LToruan / Redpel Strategi.id

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top