Omnichanel, Strategi Bisnis Dalam Mengoptimalkan Penjualan - strategi.id
Corong

Omnichanel, Strategi Bisnis Dalam Mengoptimalkan Penjualan

Strategi.id – Salah satu karakter bisnis yang menggunakan model digital teknologi adalah posisinya yang selalu berubah. Hal itu sejalan dengan konsep digital itu sendiri yang merupakan sebuah sistem yang akan selalu mengikuti perkembangan tren yang terjadi dalam sebuah kondisi.

Konsep itulah yang pada akhirnya menjadi salah satu kunci kenapa pada akhirnuya saat ini banyak perusahaan mengupgrade tools pemasarannya dengan aplikasi Omnichannel. Ambil contoh dalam industri ritel. Kompleksitas yang terjadi pada bisnis ritel pada akhirnya memang efektif jika pada akhirnya bisnis ini menggunakan aplikasi berbasis Omichannel. Karena variasi fitur yang ada pada konsep aplikasi omnichannel pada akhirnya menjadi satu kondisi yang bagus bagi perusahaan untuk meningkatkan potensi keuntungan yang bisa dia.

Mungkin bagi kita yang belum terlalu familiar dengan apa itu omnichannel menjadi bingung. Namun bagi seseorang atau pebisnis yang sudah terbiasa dalam menggunakan aplikasi, istilah ini sudah menjadi sesuatu yang bersifat biasa. Untuk itu agar semuanya menjadi lebih jelas, maka kami akan mencoba menjelaskan apa itu aplikasi berbasis omnichannel.

Secara bisnis kita bisa menjelaskan apa itu aplikasi berbasis omnichannel dengan sebuah penjelasan tersebut. Ambil contoh omnichannel dalam sebuah bisnis ritel. Ritel Omnichannel bisa juga di katakan sebagai sebuah konsep aplikasi yang akan memberikan kemudahkan kepada customer dalam melakukan proses penjualan produksnya. Hal itu didasarkan pada satu kondisi bahwa sistem penjualan yang ada dalam model ritel omnichannel tersebut mampu menberikan beragam model yang bisa di gunakan. Dari mulai channel penjualan yang berasal dari sumber toko fisik, penjualan yang berasal dari sistem e-commerce internet, kemudian bisa juga model penjualan yang berasal dari mobile ( m-commerce), hingga model penjualan produk yang berasal dari social commerce.

Dari beberapa model penjualan itulah yang sebenarnya disebut dengan istilah omnichannel. Sehingga bisa di katakan bahwa multichannel penjualan model itulah yang pada akhirnya bisa dimanfaatkan oleh customer atau mereka yang menjalankan bisnis dengan model omnichannel inilah yang akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan sistem penjualan omnichannel.

Memang sistem omnichannel ini memberikan banyak keuntungan bagi pelaku bisnis. Dimana beberapa keuntungan yang bisa di dapat dari model omnichannel adalah beberapa hal yang bisa di gunakan untuk melakukan riset produk, melakukan aktivitas untuk pembelian dan mendapatkan serta mengembalikan serta melakukan penukaran barang dari sisi peritel hingga pada akhirnya terlepas dari model channel penjualan yang biasa di gunakan oleh pebisnis yang bersangkutan.

7 KEUNTUNGAN OMNICHANNEL DALAM BISNIS DI SEKTOR RITEL
Sebuah bisnis di kembangkan memang sudah seharusnya memiliki keunggulan. Begitupula dengan sistem yang saat ini lebih di kenal dengan istilah omnichannel. Sistem ini sekalipun tergolong baru, namun secara bisnis sudah bisa memberikan kontribusi positif bagi pelaku bisnis yang menjalankannya. Itulah sebabnya saat ini bisa dikatakan apapun jenis bisnisnya seperti juga yang disampaikan oleh Handri Kosada, CEO Barantum ,” Sebaiknya pelaku bisnis sudah mesti melakukan migrasi ke aplikasi bisnis berbasis Omnichannel. Dimana kami dari Barantum sudah melakukan integrasi CRM yang kami miliki ke aplikasi CRM-Omnichannel, sehingga aplikasi bisnis yang kami miliki lebih lengkap dan uptodate.

Dimana jika kita bicara soal aplikasi omnichannel sendiri, terutama jika di kaitkan dengan sektor ritel yang menjadi tujuannya. Maka beberapa keuntungan berikut bisa menjadi pertimbangan pelaku bisnis hingga pada akhirnya mereka mesti menggunakan aplikasi tersebut.

  1. Perusahaan dapat meningkat persepsi dan kepuasan bagi pelanggan.
  2. Perusahaan dapat membuat satu identitas pelanggan di berbagai channel
  3. Perusahaan dapat melakukan satu program loyalty pelanggan di berbagai channel
  4. Perusahaan dapat melakukan akses ke visibiltas inventory dan ATP di berbagai channel
  5. Perusahaan dapat menentukan harga dan promosi yang transparan di berbagai chanel
  6. Perusahaan dapat melakukan aktivitas pengumpulan informasi customer untuk strategi marketing yang terarah.
  7. Perusahaan pada akhirnya dapat meningkatkan produktivitas, penjualan yang lebih besar, profit yang tinggi, dan kehadiran yang lebih luas melalui aliran pendapatan yang baru.
    Itulah beberapa hal positif yang akan makin meningkatkan kinerja perusahaan dalam menaikan potensi penjualan bagi perusahaan. Dimana potensi itu bisa di hasilkan dari data base customer yang dimiliki perusahaan.

Intinya, aplikasi bisnis berkonsep omnichannel adalah sebuah sistem yang bersifat multi bisnis. Dimana keberadaan aplikasi ini pada akhirnya bisa menjadi salah satu strategi jitu bagi bisnis yang di jalankan oleh pelaku bisnis agar mereka bisa semakin meningkatkan omzet yang di harapkan oleh manajemen perusahaan. (achmad s)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top