Oni Febriarto Menjadi Pilot Buat BTN 90 Hari Kedepan Sampai RUPSLB - strategi.id
BUMN

Oni Febriarto Menjadi Pilot Buat BTN 90 Hari Kedepan Sampai RUPSLB

Oni Febriarto Menjadi Pilot Buat BTN 90 Hari Kedepan

Strategi.id- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan Direktur Commercial Banking PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) Oni Febriarto Rahardjo ditunjuk menjadi pejabat Pelaksana Harian (Plh) Direktur Utama Bank BTN sesuai dengan hasil rapat dewan komisaris.

Ditunjuknya Oni menyusul kisruh yang terjadi di Bank BTN setelah Suprajarto yang dipercaya menjadi Dirut Bank BTN menggantikan Maryono yang dicopot ternyata tidak menerima penunjukkan dari hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BTN pada Kamis kemarin.

Baca Juga : Suprajarto Menolak, Direksi Bank BUMN Kisruh, Apa Kata Kementrian BUMN?

Penolakan ini terjadi setelah tidak ada komunikasi dari Kementerian BUMN kepada yang bersangkutan soal pergantian tersebut.

Suprajarto sebelumnya adalah Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI). Bank kategori BUKU IV (modal inti di atas Rp 30 triliun) ini mencatatkan total aset sebesar Rp 1.228,19 triliun pada akhir Juni 2019, terbesar di Tanah Air.

Polemik ini juga menimbulkan banyak suara dari Serikat Pekerja BTN dan BRI terhadap kisruh Bank Plat Merah ini dan mereka menolak pengangkatan Suprajarto serta menuntut Good Governance dalam BUMN Bank ini.

Baca Juga : Sikap Serikat Pekerja BTN dan BRI Terhadap Keputusan Kementrian BUMN Mengenai Polemik Dirut BTN

Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan dalam anggaran dasar disebutkan jika terjadi kondisi demikian maka perlu ada Plh.

“Sudah ditentukan Pak Oni yang pertama [posisinya], kedua Nixon [Direktur Finance, Treasury & Strategy BTN Nixon L.P Napitupulu]. Jadi yang paling lama di masa jabatannya [jadi Plh], walaupun muda tapi lama, bukan paling tua,” kata Gatot di sela RUPSLB PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), Jakarta, Jumat (30/8/19).

Baca Juga : RUPS-LB Bank Mandiri Mempertahankan Jajaran Direksi, Pasar Merespon Positif

Gatot mengatakan ada waktu 90 hari ke depan untuk menggelar RUPSLB lagi. “Dalam anggaran dasarnya menyampaikan seperti itu [RUPSLB lagi dalam 90 hari],” katanya.

Oni Febriarto Rahardjo sebelumnya diangkat sebagai direktur BTN pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bank BTN tanggal 24 Maret 2015 dan dinyatakan efektif oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tanggal 19 Mei 2015.


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top