Optimisme Ke- Indonesia-an – strategi.id
Dialektika

Optimisme Ke- Indonesia-an

Strategi.id - Optimisme Ke- Indonesia-an

Strategi.id – Indonesia di kenal sebagai bangsa yang menjunjung tinggi keberagaman dan kemajemukan suku dan adat istiadatnya. Kebhinekaan yang di jaga dan di rawat dengan baik ini tentunya pada proses pembentukannya tidaklah mudah. Perjuangan para pendiri bangsa penuh dengan perjalanan hidup yang panjang dan berliku.

Sebagai bangsa yang menghargai dan menghormati jerih payah para pahlwannya, Indonesia memiliki kelebihan tersendiri. Dimana prinsip perjuangan yang di pegang teguh oleh para pahlawan bangsa terus berlanjut turun temurun hingga hari ini.

Prinsip perjuangan inilah yang selalu menjaga para generasi penerus bangsa untuk selalu bersiteguh dengan konsistensi cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia. Sehingga segala upaya infiltrasi dan merusak tatanan nilai yang telah di bangun dapat terjaga dengan baik.

Optimisme ini bukan tanpa alasan, justru harus terus diperjuangkan. Sebab falsafah kebangsaan Indonesia yang kait mengkait dengan falsafah Ketuhanan dan Kemanusiaan harus terus bergulir menjadi elan perjuangan setiap generasi bangsa Indonesia. Sehingga apapun aral yang melintang di hadapan kita dapat di tebas sedemikian rupa. Segala upaya muslihat untuk meruntuhkan falsafah kebangsaan Indonesia harus dihadapi sedemikian rupa oleh setiap dari kita.

Agar segala bentuk penjajahan yang ada di tanah air dapat segera dimusnahkan. Memang masih banyak pekerjaan rumah bangsa Indonesia terkait kesejahteraan rakyat dan pada proses pengerjaannya juga tidak mudah. Tetapi harus dipastikan oleh setiap dari kita bangsa Indonesia untuk bersiteguh menjaga konsistensi cita-cita kemerdekaan Republik Indonesia secara utuh dan menyeluruh.

Menjelang hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73 tahun, segenap dari kita dipandang perlu untuk menyerukan kobaran semangat kebangsaan yang harus tetap di jaga dan di rawat oleh kita rakyat Indonesia. Hingga pada hari kita dihadapkan oleh berbagai pilihan hidup yang mendera kita dapat terus menjaga elan perjuangan. Jangan lupa sertakan doa pada prosesnya, jangan lupa sertakan usaha yang menyeluruh pada pengerjaannya dan jangan lupa untuk memohon restu kepada Tuhan Yang Maha Esa atas perjalanan kebangsaan yang akan kita tempuh hari ini sampai ke masa depan.

Merdeka itu bukanlah given, tetapi merdeka adalah fought for, diperjuangkan, dipertarungkan. Merdeka adalah segala bentuk kedaulatan, kemandirian dan kepribadian bangsa Indonesia. Pada prosesnya kita akan dihadapkan oleh begitu banyak cerita kehidupan yang kalau diperhatikan secara per hari tentunya berat untuk dilangkahi, tetapi kalau kita berjuang tentunya ketika kita menoleh sedikit ke belakang segala kerja-kerja kita layak untuk diperjuangkan dan kita patut berbangga.

Menggenapi hari kemerdekaan Indonesia yang kebetulan telah tiba di tahun ganjil, kita perlu untuk terus berupaya untuk mengisi celah-celah kekosongan yang patut untuk di isi dengan kerja-kerja produktif bagi kemaslahatan bangsa Indonesia. Sebab sebagai bangsa nilai kita diwarisi oleh begitu melimpahnya sumber daya Indonesia, sehingga untuk mencapai optimalisasi kinerja patut untuk dikedepankan sikap dan sifat yang berdampak positif bagi kemaslahatan bangsa Indonesia. Agar tak ada yang perlu disesali di kemudian hari, maka setiap dari kita harus terus mengupayakan langgam kerja yang selaras dan utuh dengan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Maka setiap dari kita di pandang perlu untuk mengerahkan segenap kemampuannya untuk mengobarkan semangat kebangsaan Indonesia menuju negeri yang maslahat bagi rakyatnya.
Bangsa Indonesia merdeka dari belenggu penjajahan butuh perjuangan yang tidak mudah, pengorbanan dan kerja keras para pendiri bangsa Indonesia merupakan bentuk perasan air mata dan darah perjuangan. Alangkah eloknya apabila sebagai generasi penerus setiap dari kita juga menjaga dan merawat nikmat kemerdekaan ini. Alangkah indahnya kalau kita menjaga dan merawat keberagaman dan kemajemukan yang mengaliri sungai-sungai dan samudera di seluruh Indonesia.

Menjadi bangsa yang penuh manfaat, menjadi bangsa yang berdaya dan menjadi bangsa yang berdaulat. Semangat ini harus terus kita jaga agar setiap dari rakyat Indonesia yang sedang berjuang untuk kemaslahatannya tidak merasa sendirian. Ada sesama anak bangsa juga yang turut mendukung dari berbagai sudut pelosok negeri.

Ada sesama anak bangsa juga yang sedang memperjuangkan yang sama yaitu negeri dan tanah air Indonesia. Semoga dihadapan mahkamah sejarah kita akan dihadapkan pada kenyataan yang sama, yakni keadilan, kemakmuran dan persatuan bangsa Indonesia yang sama-sama kita cintai. Sekali merdeka tetap merdeka, MERDEKA!!! MERDEKA!!! MERDEKA!!! LIN

Penulis : Akhmad Batara Parenta Aktivis FKSMJ’98

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top