Pabrik Nissan di Indonesia Resmi Di Tutup - strategi.id
Nusantara

Pabrik Nissan di Indonesia Resmi Di Tutup

Strategi.id - Pabrik Nissan di Indonesia Resmi Di Tutup

Strategi.id – Nissan Motor Co. Ltd, resmi mengumumkan penutupan pabrik perakitan mereka di Indonesia. Produsen terbesar kedua di Jepang itu akan berkonsentrasi di pabrik Thailand sebagai basis produksi tunggal di ASEAN.

Pabrik mobil Nissan yang berdiri di Purwakarta, Jawa Barat, memang sudah tidak memproduksi mobil merek Nissan maupun Datsun lagi.

Terakhir, pabrik Nissan itu memproduksi mobil merek Datsun. Namun per awal tahun 2020, Datsun disetop produksinya sehingga pabrik tersebut tak memproduksi mobil lagi.

Kini, penutupan pabrik di Indonesia diumumkan secara resmi oleh Nissan Motor Co. Hal itu diumumkan bos Nissan Motor Co. setelah Nissan merombak rencana bisnisnya untuk mencapai pertumbuhan dan stabilitas keuangan.

Selain menutup pabrik di Indonesia, Nissan juga menutup pabrik perakitan di Barcelona, Spanyol. Selanjutnya, pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, akan menjadi basis produksi untuk Eropa.

Keputusan tersebut diumumkan melalui keterangan resmi yang diunggah di situs Nissan Global pada Kamis, 28 Mei 2020.

Dalam pengumuman restrukturisasi itu, Nissan mengumumkan rencana kerja empat tahun untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, stabilitas keuangan dan profitabilitas pada akhir tahun fiskal 2023.
Sebagai bagian dari rencana empat tahun, Nissan akan mengambil tindakan tegas untuk mengubah bisnisnya dengan merampingkan operasi yang tidak menguntungkan dan fasilitas yang menganggur, di samping reformasi struktural.

Perusahaan juga akan mengurangi biaya tetap dengan merasionalisasi kapasitas produksi, serta jajaran produk dan pengeluaran global.

Melalui manajemen yang disiplin, perusahaan akan memprioritaskan dan berinvestasi di bidang bisnis yang diharapkan memberikan pemulihan dan pertumbuhan berkelanjutan.

Respons Nissan Indonesia

Merujuk kepada keputusan prinsipal tersebut pihak NMI membenarkan pabriknya di Indonesia tutup permanen. Semua rencana soal produksi mesin dan mobil listrik dipastikan batal.

“Merujuk pada announcement (pengumuman) global kemarin, fasilitas manufacture Nissan di ASEAN difokuskan di Thailand,” kata Head of Communication NMI Hana Maharani.

Namun, Hana menegaskan perusahaan tidak akan hengkang dari Indonesia dengan konsisten menjual sejumlah produk andalan serta melayani konsumen dari sisi purnajual

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, memang telah memberikan pernyataan soal penutupan pabrik Nissan di Indonesia pada Maret lalu.
“Nissan telah memutuskan untuk menghentikan produksi kendaraan di pabrik Nissan di Indonesia,” kata Sekiguchi, dalam pernyataan resmi yang diterima rekan media, Maret lalu.
“Ini adalah bagian dari rencana optimisasi yang mencakup rightsizing, optimasi produksi dan reorganisasi operasi bisnis,” ujarnya.

“Kami akan terus bekerja dengan mitra Aliansi kami untuk memastikan footprint manufaktur di Indonesia,” sebut Sekiguchi.
Sekiguchi menegaskan, Nissan akan tetap eksis di Indonesia. Berhenti produksi bukan berarti merek asal Jepang ini hengkang dari pasar otomotif Indonesia.
Pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, memang sudah lama tidak memproduksi mobil merek Nissan lagi. Pabrik itu diketahui sempat memproduksi mobil Nissan Grand Livina. Namun, setelah peluncuran Livina generasi terbaru yang juga kembaran Mitsubishi Xpander (Livina terbaru diproduksi di pabrik Mitsubishi sebagai bagian dari aliansi global antara Nissan dan Mitsubishi), pabrik itu hanya memproduksi mobil Datsun. Hingga akhirnya, Nissan resmi menyetop produksi mobil Datsun di pabrik tersebut awal 2020 ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top