Pabrikan India Berlomba Buat Skuter Listrik - strategi.id
Teknologi

Pabrikan India Berlomba Buat Skuter Listrik

Pabrikan India Berlomba Buat Skuter Listrik
Pabrikan India Berlomba Buat Skuter Listrik

Strategi.id – Skuter listrik tampaknya akan menjadi tren kendaraan di dunia beberapa tahun ke depan. Setelah pabrikan Jepang dan Taiwan, kini giliran pabrikan asal India yang akan menjajal peruntungannya lewat kendaraan roda dua ramah lingkungan.

Seperti diwartakan indianautosblog.com, TVS Motor Company disebut-sebut akan mengenalkan skuter listrik pertamanya pada Maret tahun 2020. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Presiden Direktur TVS Motor Company, KN Radhakrishnan.

“Kami telah berinvestasi dalam teknologi listrik, dan kami berencana (untuk meluncurkan kendaraan EV) dalam waktu dekat,” terang Radhakrishnan. Bagi yang belum tahu, skuter listrik TVS ini mengusung konsep nama ‘Creon’.

Baca Juga : Mau Coba Motor Listrik Gesits Buatan ITS? Jokowi Sudah

Prototipe skuter listrik ini sebenarnya sudah pernah tampil di ajang Auto Expo 2018. TVS Creon mengemas beberapa teknologi smart connection yang dikembangkan bekerja sama dengan Intel.

Selain informasi reguler seperti speedometer, tachometer, odometer, trip meter, pengisian daya baterai, layar TFT dari skutik konsep TVS ini juga menampilkan sistem navigasi seperti GPS. 

TVS Creon juga akan memiliki fitur canggih lain seperti custom riding modes, regenerative braking, park assist, cloud connectivity and anti-theft features alias fitur anti maling.

Secara tampilan, konsep TVS Creon memiliki eksterior yang cenderung padat dan kokoh. Posisi baterai diletakkan di dek. Tepat di atas baterai tersebut, ada semacam tambahan komponen mirip dengan rangka deltabox Yamaha. Rangka ini menyatu hingga bawah, dan tampak serasi dengan sockbreaker tunggal di bawah jok.

Untuk bagian kaki-kaki, TVS Creon sudah dilengkapi pelek palang, ban tubeless, garpu teleskopik depan, dan monoshock offset di belakang. Lampu=lampunya sudah mengadopsi LED, sehingga kesannya lebih modern.

Baca Juga : Ketua DPR RI Bamsoet Dorong Pengunaan Kendaraan Listrik

Spesifikasi mekanis pada konsep Creon termasuk paket tiga baterai Lithium-ion, dengan motor listrik yang bisa menghasilkan tenaga puncak 12 kW (16,32 PS). Dari 0 sampai 60 km/jam, skuter ini diklaim hanya membutuhkan waktu 5,1 detik. 

Baterai sendiri sudah menganut fast charging. Dapat diisi ulang dari 0 persen sampai 80 persen dalam 60 menit. Dan pada pengisian penuh, ia menyediakan jangkauan mencapai 80 km. 

Untuk memproduksi skuter listrik ini, TVS tidak bekerja sendiri. Seperti diketahui TVS Motor Company memiliki 14,78 persen saham di Ultraviolette Automotive, yakni perusahaan baru yang berbasis di Bengaluru. Perusahaan ini akan menjadi basis produksi bagi TVS Creon

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top