Pahala Mansury Ditunjuk Menjadi Dirut BTN dan Chandra Hamzah Menjadi Komut - strategi.id
BUMN

Pahala Mansury Ditunjuk Menjadi Dirut BTN dan Chandra Hamzah Menjadi Komut

pahala mansury dirut btn (foto : is)

Strategi.id- Erick Thohir selaku Mentri BUMN mengatakan Pahala N Mansury telah ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). Pahala menggantikan PJS Oni Febrianto.

Dirut BTN sebelumnya Suprajarto  yang sebelumnya mengundurkan diri setelah ditunjuk di RUPSLB mengantikan Maryono akirnya diankat Pjs Oni Febrianto.

Selain memilih Pahala, Kementerian BUMN juga menunjuk mantan Komisioner Komisaris Pemberantasan Korupsi Chandra Marta Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN.

baca juga : Erick Thohir: Peningkatan Kerjasama Perdagangan dan Investasi Jepang Fokus Pada Peningkatan SDM

“Pak Pahala ada tugas baru juga sebagai Dirut BTN dan Komisaris Utama pak Chandra Hamzah,” ujar Erick, Jumat (22/11/19).

Pahala sebelumnya diketahui menjabat sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero). Pahala menggantikan Arief Budiman yang sebelumnya duduk di kursi Direktur Keuangan Pertamina.

Pahala Mansury merupakan sarjana lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI). Kemudian, dia memperoleh gelar pendidikan lebih tinggi yakni MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS).

baca juga :Oni Febriarto Menjadi Pilot Buat BTN 90 Hari Kedepan Sampai RUPSLB

Pria kelahiran tahun 1971 itu memulai karirnya sebagai konsultan manajemen di Andersen Consulting sampai tahun 1997. Pada tahun 1998, Pahala bekerja paruh waktu di salah satu sekuritas di New York.

Pahala bergabung dengan Booz Allen & Hamilton sebagai konsultan senior selama satu tahun di 1999. Pada tahun yang sama ia juga sempat bergabung dengan Boston Consulting Group sebagai pemimpin dalam beberapa proyek perbankan.

baca juga :Krisis Ekonomi Picu Perubahan Politik 1965 dan 1998, Eksponen FKSMJ ’98 Minta Jokowi Lakukan 7 Hal Ini

Beberapa tahun berselang atau di tahun 2003, Pahala kemudian memulai kariernya di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Bank Mandiri menjadi salah satu pijakan penting karier Pahala sebab dari sini kariernya terus meningkat.

Di tahun 2010, Pahala dipercaya sebagai salah satu direktur Bank Mandiri. Jabatan itu dia dapat setelah menjabat sebagai EVP Coordinator Finance & Strategy and Chief Financial Officer.

Selanjutnya, pada April 2017, Pahala dipercaya menjadi Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dia menjabat sebagai orang nomor satu maskapai pelat merah selama 17 bulan atau berakhir kemarin (12/9/18) saat RUPSLB Garuda Indonesia.

Mantan Ketua Tim Pemenangan Jokjowi Maruf Erick Thohir juga telah menunjuk Emma Sri Martini menggantikan Pahala sebagai Direktur Keuangan Pertamina. Emma saat ini menjabat sebagai Direktur Utama Telkomsel.

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkapkan bahwa Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai komisaris Pertamina.

Ahok, nanti akan didampingi oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin sebagai Wakil Komisaris Utama. “Insyallah, saya rasa sudah putus dari beliau, Pak Basuki akan menjadi Komut Pertamina,”kata Erick saat dijumpai di Istana Kepresidenan, Kamis (22/11/19).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top