Pahami Perbedaan Exit Poll, Quick Count, dan Real Count - strategi.id
Nusantara

Pahami Perbedaan Exit Poll, Quick Count, dan Real Count

Strategi.id - Pahami Perbedaan Exit Poll, Quick Count, dan Real Count

Strategi.id – Setelah pemungutan pemilu di luar negeri beredar hasil exit poll pilpres dari berbagai negara. Masih ada istilah lain perhitungan suara, yaitu quick count dan real count.

Berikut perbedaan exit poll, quick count, dan real count :

Exit poll merupakan survei yang dilakukan saat pemungutan suara. Responden ditanya setelah menggunakan hak suaranya. Sampel ditentukan secara proporsional mewakili populasi.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa exit poll tidak bisa digunakan untuk luar negeri. Hal ini karena metode pemungutan di sana menggunakan kotak suara keliling, pos, dan tempat pemungutan suara (TPS).

Baca juga : 40 Lembaga Riset Akan Melakukan Quick Count Pemilu 17 April 2019

“Kalau ada orang mengatakan ini hasil exit poll, itu hanya baru sebagian pemilu di TPS,” katanya di Jakarta, Senin (15/4/19).

Sementara itu, quick count atau hitung cepat adalah perhitungan secara prediktif dan cepat. Data ini diperoleh berdasarkan berita acara hasil perhitungna (C1) berdasarkan TPS yang dipilih secara acak yang menggambarkan populasi.

Terakhir, adalah real count atau hitung sebenarnya. Ini adalah hasil C1 dalam bentuk tabulasi dan ditampilkan saat itu juga di situ penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top