Pasokan Darah Mengkhawatirkan, Forum RT-RW Jakarta Barat Gelar Baksos Donor Darah - strategi.id
Nusantara

Pasokan Darah Mengkhawatirkan, Forum RT-RW Jakarta Barat Gelar Baksos Donor Darah

Strategi.id - Pasokan Darah Mengkhawatirkan, Forum RT-RW Jakarta Barat Gelar Baksos Donor Darah

Strategi.id – Kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.000 sampai 1.200 kantong darah per harinya. Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta pun gencar melakukan kegiatan donor darah, baik melibatkan ASN dan PJLP, maupun dengan cara menggandeng tokoh masyarakat yaitu para Ketua RT-RW di DKI Jakarta.

Untuk memenuhi kebutuhan darah di DKI Jakarta, Forum RT-RW Kota Jakarta Barat dan Koperasi Sukses Berkah Maju Bersama (SBMB) Jakarta Barat menggelar bhakti sosial donor darah yang bertempat di Aula Yayasan Al-Huda Islamic Education Centre Metropolitan, Kelurahan Cengkareng Barat, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (07/04/21).

Ketua Forum RT-RW Kota Jakarta Barat, Casli Sutisna mengatakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan sosial donor darah ini secara rutin tiga bulan sekali, sebagai upaya membantu PMI mencukupi kebutuhan suplai darah di DKI Jakarta dimasa pandemi COVID-19.

Tidak hanya program kegiatan sosial dan kemanusiaan, Forum RT-RW juga memiliki program Koperasi SBMB untuk kesejahteraan anggotanya dan wujud kemandirian.

“Selain kegiatan sosial, kami memiliki Koperasi SBMB dengan 17 sektor usaha dan sudah mengantongi Nomor Induk Berusaha (NIB),” ungkapnya.

Ketua PMI Jakarta, Rustam Efendi mengapresiasi kegiatan bhakti sosial donor darah yang diselenggarakan oleh Forum RT-RW Kota Jakarta Barat.

Pasalnya saat ini pihaknya kesulitan dalam mencukupi kebutuhan suplai darah di Jakarta. Hal ini disebabkan karena pandemi COVID-19 yang datang setahun terakhir.

“Bila biasanya di PMI aja bisa didatangi 3 00 orang pendonor per hari, dengan mendapatkan 1.000 kantong darah Tapi semenjak pandemi hanya 150 orang saja, atau lebih kurang 300 kantong darah,” ujarnya.

Rustam mengingatkan, setidaknya ada dua fungsi PMI, pertama donor darah dan tranfusi darah, kedua fungsi kemanusiaan yaitu bencana alam dan non bencana alam.

“PMI dan Forum RT-RW menjadi garda terdepan dalam penanganan bencana, seperti banjir atau tanah longsor, kebakaran, maupun seperti pandemi COVID-19 ini,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Forum RT-RW Kota Jakarta Barat, Irwan Gunawan, SE mengatakan, ada 300 orang pendonor yang sudah mendaftarkan, yang terdiri dari pengurus Forum RT-RW, Karang Taruna, FKDM, PKK, Pemuda Pancasila dan masyarakat lainnya, namun yang layak darahnya didonorkan hanya sebanyak 120 orang.

Masih menurut Irwan, bahwa kegiatan donor darah ini baru kali pertama dilaksanakan, tapi pihaknya rutin melakukan kegiatan sosial.

“Sejak tahun 2019, kami sudah bergerak, seperti memberikan bantuan kepada korban banjir dan kebakaran, bahkan juga memberi bantuan kepada anggotanya yang tertumpah musibah, baik yang sakit maupun kedukaan,” pungkasnya.

Diketahui kegiatan Bhakti Sosial Forum RT-RW dihadiri Ketua PMI Jakarta Barat, Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko, Dandim 0503 Jakarta Barat diwakili Kapten Edy Moerdoko, Danramil 04 Cengkareng, Ketua Yayasan Al-Huda H. Herman Muhasyim, Anggota DPR RI H. Kamarusamad, Dewan Kota Jakarta Barat, Subur, Camat Cengkareng A. Faqih dan Lurah Cengkareng Barat R. Ilham.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top