Patung GWK Bali akan segera di resmikan Presiden – strategi.id
Kabar Baik

Patung GWK Bali akan segera di resmikan Presiden

Patung GWK Bali akan segera di resmikan Presiden ( Foto : via Instagram juan_yosephin )

Strategi.id – Kabar gembira datang untuk masyarakat Bali dan pemerhati wisata Indonesia pada umumnya. Monumen Garuda Wisnu Kencana mulai menunjukkan rupa aslinya. Jika tak ada aral melintang, Patung GWK Bali akan mengenakan mahkota emas.

Hal ini diungkapkan oleh I Nyoman Nuarta, yang tak lain merupakan kreator patung berukuran raksasa tersebut, menurutnya, nanti akan diadakan upacara adat Bali untuk merayakan pemasangan mahkota tersebut.

Memasuki bulan Agustus, Monumen GWK diprediksi sudah benar-benar selesai dan siap diresmikan oleh Presiden Jokowi. Sebulan berselang, International Monetary Fund (IMF) berencana mengadakan pertemuan khusus di Bali dan Patung GWK Bali adalah salah satu tempat yang bakal mereka kunjungi.

Jika memang benar-benar jadi seperti rencana awal, monumen Garuda Wisnu Kencana bakal memiliki tinggi sekitar 120 meter. Itu artinya Patung GWK Bali bakal masuk dalam daftar monumen tertinggi dunia, sekaligus mengalahkan Patung Liberty di Amerika Serikat, yang tingginya ‘cuma’ 97 meter.

GWK juga bakal menjadi ikon anyar Bali atau bahkan Indonesia. Sebab dengan ukuran yang begitu masif, monumen ini konon akan terlihat dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Tanah Lot, Sanur, Kuta, serta tempat lain dalam radius 20 kilometer.

Cita-cita untuk mendirikan monumen masif sebagai landmark Bali sebenarnya sudah muncul sejak lama. Namun konon pembangunan sempat terhenti pada 1997 silam setelah Indonesia terkena krisis moneter, yang juga menerpa sejumlah negara-negara di Asia Tenggara.

Masyarakat Bali percaya Patung GWK sulit dirampungkan karena menghadap ke arah selatan, identik dengan Dewa Brahma. Jika mengikuti filosofi Dewa Wisnu, maka monumen harusnya dibangun dengan menghadap utara.

Rupa dan bentuk Monumen GWK terinspirasi dari tokoh mitologi dalam kepercayaan Hindu yang dianut warga Bali. Menurut keyakinan masyarakat Pulau Dewata, Garuda Wisnu Kencana adalah makhluk setengah garuda dan setengah manusia. Oleh karena itu sering digambarkan sebagai Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Sang Garuda.

Garuda sendiri punya bentuk berbeda dengan burung di dunia nyata. Makhluk ini digambarkan punya kaki dan tangan, hingga mirip seperti manusia. Konon umat Hindhu amat menghormati Garuda dan memujanya sebagai salah satu dewa.

Begitu benar-benar rampung nanti, Monumen GWK bakal berdiri megah di tanah Bali. Selain digunakan untuk menunjukkan budaya Pulau Dewata, patung berukuran raksasa ini juga bakal dijadikan sebagai perlambang pentingnya menjaga lingkungan.

Dewa Wisnu akan berdiri seolah mengawasi manusia di sekitarnya, agar tidak sampai melakukan tindakan yang bisa merusak lingkungan sekitar. Selain itu Patung GWK Bali tentunya juga bakal jadi landmark anyar yang sanggup memukau masyarakat dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top