Paus Fransiskus Pimpin Misa di Abu Dhabi - strategi.id
Internasional

Paus Fransiskus Pimpin Misa di Abu Dhabi

Strategi.id - Paus Fransiskus Pimpin Misa di Abu Dhabi

Strategi.id – Paus Fransiskus menyelenggarakan misa massal dengan dihadiri sekitar 170 ribu umat Katolik di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Selasa (5/2/19). 

Umat Katolik mengikuti kesempatan mendengar khotbah Paus pertama yang berkunjung ke semenanjung Arab, tepatnya di Stadion Zayed Sport City, seperti dilaporkan Aljazeera.

Paus Fransiskus melambaikan tangannya dari mobil berbendera Vatikan ketika mobilnya memasuki area Zayed Sports City Stadium. 

Di dalam stadium, sudah tersedia altar tempat Paus memimpin misa, hal yang jarang terjadi di UEA karena selama ini, ibadah umat Katolik biasanya hanya dilangsungkan di dalam gereja. Sekitar 50 ribu orang berkumpul di dalam stadion, sementara sisanya di luar.

baca juga : Cara Beragama Kita Menentukan Masa Depan Bangsa Indonesia

Kunjungan Paus kali ini pun bersejarah, karena ia menjadi satu-satunya Paus yang pernah mengunjungi negara Muslim di Timur Tengah itu. 

“Kami harus mengatakan ini adalah peristiwa besar dan tak terduga,” kata Sumitha, seorang India yang telah tinggal di UEA selama hampir 20 tahun.

Sekitar 9 juta orang tinggal di UEA dengan populasi pemeluk Katolik sekitar satu juta orang.

Tak seperti banyak negara tetangganya Arab Saudi yang melarang berdirinya tempat ibadah agama lain selain Muslim, Abu Dhabi memang membolehkan warga Kristen yang kebanyakan pekerja asing, untuk beribadah. 

baca juga : Presiden Jokowi Sampaikan Keunggulan Perempuan di Hadapan Kongres WKRI

UEA mengundang Paus sebagai bagian dari “Tahun Toleransi” 2019. Kampanye ini bahkan memiliki kementerian khusus. 

Menteri Toleransi Sheikh Nahyan bin Mubarak menyambut kerumunan massa sebelum kedatangan Paus di stadion. 

Kedatangan Paus disambut dengan hangat oleh para imigran yang berasal dari Filipina dan India yang merupakan mayoritas pekerja asing di UEA. 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top