Pelihara Motivasi Mental Kejuangan, Kodam XII/Tpr dan Disbintalad Gelar Sosialisasi Bintal – strategi.id
Merah Putih

Pelihara Motivasi Mental Kejuangan, Kodam XII/Tpr dan Disbintalad Gelar Sosialisasi Bintal

Strategi.id - Pelihara Motivasi Mental Kejuangan, Kodam XII/Tpr dan Disbintalad Gelar Sosialisasi Bintal

Strategi.id – Untuk meningkatkan kemampuan satuan dalam penyelenggaraan pembinaan mental prajurit, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis tentang Penyelenggaraan Bintal Rohani Islam, Protestan dan Hindu bertempat di Aula Kikav 12/Macan Dahan Cakti, Kubu Raya, Rabu (02/09/20).

Sosialisasi dibuka oleh Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad diwakili Irdam XII/Tpr, Brigjen TNI Widhioseno, S.E., M.Hum. Sedangkan sosialisasi disampaikan oleh Tim dari Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad) yang diketuai oleh Kolonel Arm Bambang Irawan, yang diikuti para prajurit dari jajaran Kodam XII/Tpr.

Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad dalam sambutan yang dibacakan oleh Irdam XII/Tpr menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan, merupakan tindak lanjut kebijakan Pimpinan TNI Angkatan Darat bidang Personel, khususnya Pembinaan Mental, yaitu untuk memelihara dan meningkatkan motivasi juang prajurit TNI AD dalam rangka menumbuh kembangkan Patriotisme dan etos kerja, soliditas dan komitmen pengabdian prajurit kapan dan dimanapun bertugas.

“Pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk mewujudkan kesamaan pemahaman dalam setiap penyelenggaraan kegiatan Pembinaan Mental di satuan jajaran Kodam XII/Tpr, sehingga para peserta memiliki pemahaman secara mendalam dan mampu mengimplementasikan dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, kata Pangdam, juga untuk menambah pengetahuan dan memahami fungsi dan peran Bintal secara mendalam, sehingga prajurit memiliki integritas moral dan bermental tangguh dalam mendukung tugas pokok satuannya.

Lanjut Pangdam mengatakan, pembinaan Mental pada hakekatnya adalah upaya menginternalisasikan nilai-nilai ajaran agama, Pancasila dan Sapta Marga secara terus-menerus dan berlanjut dalam rangka membentuk, memelihara dan meningkatkan kondisi mental Prajurit, baik di bidang Mental Rohani, Mental Ideologi, maupun Mental Kejuangan.

“Tugas Pembinaan Mental satuan, bukan hanya menjadi tanggung jawab Bintal atau Perwira Bintal semata, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab dari setiap unsur pimpinan di satuan dalam menjaga kesiapan dan kondisi mental anggotanya,” tegasnya.

Untuk itu Pangdam menekankan pada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Dan memahami semua materi yang disampaikan, agar dapat meningkatkan pengetahuan Juknis dalam Penyelenggaraan Bintal Rohani Islam, Protestan dan Hindu di lingkungan Kodam XII/Tpr.

“Terima kasih, kepada Tim Sosialisasi Juknis tentang Penyelenggaraan Bintal Rohani Islam, Protestan dan Hindu yang berkenan hadir guna memberikan materi, mudah-mudahan semua materi dapat dilaksanakan secara menyeluruh hingga tuntas,” pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top