Pemerintah Kota Bekasi Luncurkan Kartu Identitas Anak (KIA) – strategi.id
Nusantara

Pemerintah Kota Bekasi Luncurkan Kartu Identitas Anak (KIA)

Strategi.id - Strategi.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meluncurkan program Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Tanda Kependudukan (KTP) anak.
Strategi.id - Strategi.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meluncurkan program Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Tanda Kependudukan (KTP) anak.

Strategi.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meluncurkan program Kartu Identitas Anak (KIA) atau Kartu Tanda Kependudukan (KTP) anak.

Acara ini dilaksanakan di Pendopo Kantor Wali Kota Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Senin (17/12/18). Peluncuran KIA di Kota Bekasi ini sebagai yang tercepat di Jawa Barat.

baca juga : Indah Indri Hapsari : Nyok Kita Promosi Bekasi Yang Keren!

Kartu tersebut untuk anak usia di bawah 17 tahun dan belum menikah. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan, warga sudah bisa membuat KIA untuk anaknya mulai hari ini di Pendopo Kantor Wali Kota Bekasi.

Proses pembuatan kartu tersebut sudah bisa dimulai seiring dengan keluarnya peraturan Menteri Dalam Negeri yang mewajibkan semua anak memiliki identitas diri.

Mulai tahun 2016 seluruh anak wajib memiliki KTP dalam bentuk Kartu Identitas Anak (KIA). Segala ketentuan dan kebijakan mengenai KIA ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Kartu Identitas Anak.

baca juga : Sambut Hari Anak, Walikota Bekasi Kunjungi Sekolahan

Persyaratan yang perlu disiapkan pemohon, kata dia, adalah foto kopi KK, akta kelahiran anak, fotokopi e-KTP orang tua, fotokopi akta nikah, dan foto anak dari ponsel. “Bila persyaratan sudah lengkap, bawa ke kelurahan atau kecamatan untuk dibuatkan KIA dan langsung jadi ditempat,” katanya.

Rahmat Effendi menegaskan, agar setiap anak membuat kartu tersebut. Hal itu agar anak bisa melegalitaskan identitasnya yang tercatat di Disdukcapil Kota Bekasi.

“Saya berharap dan menganjurkan agar para orang tua segera membuat kartu legalitas anaknya, agar terdaftar sebagai warga negara Indonesia, selain akta lahir sebagai pedoman si anak,” kata Walikota Bekasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top