Pemerintah Nonaktifkan Sementara Medsos, Wiranto: Ini Upaya Amankan Negeri - strategi.id
Nusantara

Pemerintah Nonaktifkan Sementara Medsos, Wiranto: Ini Upaya Amankan Negeri

Strategi.id – Pemerintah memblokir sebagian fitur aplikasi chatting, di antaranya adalah fitur mengirim gambar dan video. Menko Polhukam Wiranto menegaskan pemblokiran itu upaya mengamankan negeri.

“Saya juga menyesalkan ini harus kita lakukan, tapi ini suatu upaya untuk mengamankan negeri yang kita cintai ini,” kata Wiranto dalam jumpa pers di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/19).

Baca juga : Jalan Tanah Abang Dan Kegitan Bisnis Lumpuh

Wiranto meminta masyarakat berkorban tak melihat gambar ataupun video via aplikasi chatting untuk beberapa hari. Dia menegaskan pembatasan ini bukan karena pemerintah sewenang-wenang.

“Ya berkorban 2-3 hari nggak liat gambar kan gapapa,” ujarnya.

Selain itu Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyebut pembatasan akses media sosial (medsos) bersifat sementara dalam rangka menghindari penyebaran kabar bohong atau hoax. Alasannya, persebaran kabar bohong itu terjadi pada akses medsos dan aplikasi perpesanan.

Baca juga : Stasiun Tanah Abang Ditutup Sementara,KRL Dialihkan

Rudiantara menyebut modus penyebaran kabar bohong itu berawal dari tangkapan layar di medsos. Setelahnya, kabar yang belum jelas kebenarannya itu disebarkan di aplikasi perpesanan WhatsApp.

“Kita tahu modusnya adalah posting di media sosial Facebook, Instagram dalam bentuk video, dalam bentuk meme, dalam bentuk foto, kemudian screen capture, diambil, viralnya bukan di media sosial, viralnya di messaging systemWhatsApp,” ujar Rudiantara.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top