Pendaftaran Calon Legislatif di KPU Masih Sepi – strategi.id
Nusantara

Pendaftaran Calon Legislatif di KPU Masih Sepi

Strategi.id- Sudah sepekan KPU membuka pendaftaran calon anggota legislatif (caleg), namun hingga Rabu (11/7/2018) masih sepi.

Ketua KPU Arief Budiman, dalam laporannya kepada Presiden Joko ‘Jokowi’ Widodo menyatakan, sejak dibuka Rabu (4/7/2018) lalu, sampai hari ke-8 belum satupun partai politik (parpol) yang mendaftarkan caleg DPR RI ke KPU.

“Kami juga laporkan bahwa sampai dengan hari ini, hari ke-8 dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon, itu belum satupun partai politik mendaftarkan ke KPU RI untuk calon DPR RI,” kata Arief , di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/7/2018), seperti dikutip dari Setkab.go.id.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU) No: 7/2017, pendaftaran dibuka hingga 17 Juli 2018. Namun, sudah separuh jadwal pendaftaran dibuka tetapi belum satu juga parpol yang mendaftarkan calegnya untuk pemilu tahun depan.

Karena itu, Arief mengingatkan parpol peserta pemilu mendatang untuk tidak melakukan pendaftaran menjelang penutupan. Soalnya, bila semua parpol mendaftarkan diri menjelang hari penutupan, hal ini tentu saja menyulitkan tidak hanya KPU tetapi juga parpol peserta pemilu.

Arief membantah jika belum adanya partai yang mendaftarkan caleg lantaran masih menunggu uji materi Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 di Mahkamah Agung. Aturan tersebut memuat larangan bakal caleg mantan napi korupsi. Sejumlah pihak telah mengajukan uji materi PKPU itu.

Meski ada uji materi itu, Arief mengatakan KPU terus menjalankan tahapan pemilu sesuai dengan keputusan yang telah diambil. “Tahapan pemilu akan berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diputuskan. Kalau ada putusan hukum baru atau fakta hukum baru, nanti akan dilihat isi dari putusan tersebut seperti apa,” kata dia

Sebab, parpol juga akan membutuhkan waktu untuk melengkapi persyaratan pendaftaran jika KPU menemukan adanya kekurangan persyaratan. “Kami mengingatkan sekali lagi, agar (parpol) bisa mengajukan pendaftaran bacaleg lebih awal,” demikian Arief Budiman.

Parpol yang lolos verifikasi KPU dan berhak ikut pemilu legislatif 2018 antara lain PDI Perjuangan, Partai Golkar, Gerindra, Partai Demokrat, PKB, PKS, PAN, PPP, Nasdem, Hanura, PBB, Perindo, PSI dan Partai Berkarya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top