Peneliti Sedang Merencanakan Mengubah Definisi Kilogram Hari ini – strategi.id
Teknologi

Peneliti Sedang Merencanakan Mengubah Definisi Kilogram Hari ini

Peneliti Sedang Merencanakan Mengubah Definisi Kilogram Hari ini

Strategi.id – Hari ini (16/11/2018), Konferensi Umum tentang Berat dan Ukuran – oleh para ilmuwan dunia akan dimulai di Prancis. Pada konferensi tersebut, para ilmuwan akan memilih untuk mengubah definisi kilogram, yang dikaitkan dengan fenomena abadi alam: Konstanta Planck, sebagaimana dilaporkan CNET, 14 November 2018.

Bentuk pengukuran yang paling banyak digunakan di dunia didasarkan pada sistem metrik, dan secara resmi dikenal sebagai Sistem Satuan Internasional (SI). Ada tujuh “unit dasar”, termasuk ampere, detik, dan Kilogram, sebagai satuan dasar terakhir yang terkait dengan obyek fisik.

Benda fisik yang dijadikan acuan adalah sebongkah logam yang terus-menerus diukur di bawah tanah di Biro Berat dan Ukuran Internasional, Sèvres, Prancis.

Paduan platinum-iridium itu, yang juga dikenal secara formal sebagai Prototipe Internasional untuk Kilogram dan secara informal disebut sebagai Le Grand K, menjadi standar pengukuran satu kilogram di seluruh dunia.

Tapi Le Grand K, yang ditempa pada 1889, telah kehilangan 50 mikrogram dalam 129 tahun terakhir. Kilogram telah menjadi “999.99995 gram”.

Meskipun kehilangan hanya sebagian kecil dari massanya, Hal ini menyebabkan permasalahan. Karena acuan akan menjadi berubah, dan tidak sama secara konstan.

“Ini bagus ketika mengukur sekarung gula, tetapi menjadi tidak dapat diterima untuk ilmu yang lebih canggih, seperti ketika mengukur dosis dalam obat-obatan,” seperti dinyatakan National Physical Laboratory (NPL) sebagaimana dikutip CNN.

Konstanta Planck

Konstanta Planck adalah fenomena dalam mekanika kuantum yang memungkinkan massa terkait dengan energi elektromagnetik. Ini adalah salah satu ukuran terkecil dari dunia fisik dan menemukannya merupakan tantangan besar. Perjalanan tersebut berlangsung puluhan tahun dan melibatkan mesin yang dikenal sebagai keseimbangan Kibble yang mencoba menyamakan energy, bukan massa.

“Kami menemukan diri kami dalam momen penting dalam perjalanan kami,” kata Dr Barry Inglis, CEO National Measurement Institute Australia. “Setelah bertahun-tahun penelitian, sekarang mungkin untuk membenarkan revisi utama SI. Keputusan ini, jika diambil, akan mewakili pencapaian ilmiah yang signifikan.”

Yang paling penting untuk kilogram, konstanta Planck adalah konstan. Tidak seperti Le Grand K, tidak akan ada 50 mikrogram yang berbeda dalam waktu 129 tahun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top