Pengembangan 7,35 MWp PLTS Off-Grid di Provinsi Jambi – strategi.id
Infrastruktur

Pengembangan 7,35 MWp PLTS Off-Grid di Provinsi Jambi

plts off grid

Strategi.id – Selasa (26/01/2109), PT. Surya Utama Nuansa ( PT. SUN ) dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) GmbH telah menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) dalam mengembangkan salah satu proyek terbesar PLTS Off-grid di Indonesia.

Proyek ini merupakan kerjasama proyek kelistrikan antara PT. SUN dengan PT. Bungo Dani Mandiri Utama (PT. BDMU), sebagai salah satu Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Provinsi Jambi.

Implementasi PLTS Off Grid Terbesar

Rencananya, proyek solar PV Off-Grid ini akan mentargetkan melistriki lebih dari 5.000 rumah dan 8.127 kepala keluarga di Provinsi Jambi dengan total kapasitas kapasitas 7,35 MWp.

Sekarang, proyek ini akan memasuki tahap studi. ” Kami sudah mendapatkan persetujuan dari Gubernur, izin lokasi juga sudah punya, dan sekarang kami sedang memproses UKL/UPL dan sebentar lagi akan melakukan wilayah izin usaha, disini lah syaratnya yaitu studi, dan proses ini kami optimis.” Seperti disampaikan Bapak Firdaus, selaku Direktur Utama PT. BDMU.

Dalam satu tahun terakhir, PT. SUN dan PT. BDMU telah melakukan pemetaan potensi dan pengumpulan informasi, mengenai kebutuhan masyarakat di lapangan.

“Kami sebagai BUMD ingin membuat sesuatu bagi masyarakat, yaitu dengan memberikan yang terbaik bagi national capacity,” Tambah Pak Firdaus Kemudian.

Dukungan dari Lembaga Internasional

Dalam pengembangan ke depannya, PT. SUN mengandeng GIZ sebagai mitra dalam memfasilitasi tenaga ahli untuk membantu pengembangan dan implementasi proyek, termasuk proses perizinan, peninjauan proyek, hingga membantu pendanaan proyek.

Mr. Philipp Schukat selaku Lead Advisor Climate, GIZ, menyampaikan bahwa pengembangan energi surya harus di dukung lebih maksimal, selain karena ramah lingkungan namun juga karena sumber energinya mudah didapat.

“Solar PV adalah potensi yang sangat besar bagi Indonesia, jadi bagi kami (GIZ, red) yang selalu berusaha untuk memajukan ini, kami sangat beruntung telah dipilih sebagai mitra dari sektor swasta.” Ungkap Mr. Schukat.

Kedepannya, diharapkan kerja sama antar PT. SUN dan GIZ ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat yang berada di lokasi terpencil yang tidak mendapatkan akses listrik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top