Penjelasan Tentang Sensasi Terjatuh Saat Tidur Atau Hypnic Jerk – strategi.id
Nusantara

Penjelasan Tentang Sensasi Terjatuh Saat Tidur Atau Hypnic Jerk

strategi.id- Mungkin kamu pernah mengalami kejadian saat baru tidur tiba-tiba tubuh bergerak tanpa dikehendaki? Inilah fenomena yang dinamakan hypnic jerk.

hypnic jerk bukanlah penyakit dan tidak pula menyebabkan gangguan sistem saraf lainnya. Bukan pula kamu mengalami kegilaan, dan bukan pula kode sebuah mimpi.

baca juga: Awali Hari dengan 4 Makanan Bergizi

Hypnic jerk adalah situasi saat kamu siap tidur dan perlahan memasuki fase Rapid Eye Movement (REM / fase tidur orang mengalami mimpi) atau tidur lebih dalam, tapi tiba-tiba kamu merasa jatuh atau kehilangan keseimbangan sehingga terbangun tiba-tiba, seakan mau melompat.

Disusul kemudian detak jantung yang berdegup cepat. Tapi kamu masih di tempat tidur. Hal ini juga bisa diwakili dengan istilah jatuh, sensasi kejutan listrik pada tubuhmu, atau perasaan kehilangan keseimbangan mendadak.

Penyebab hypnic jerk sendiri bisa karena kelelahan, kurang tidur, kecemasan, dan rasa tidak nyaman. Namun begitu, alasan yang tepat masih sulit dipahami.

Kejadian ini juga membuat otakmu bingung saat tidur. Saat tidur, memang tubuhmu dalam kondisi santai, namun otakmu tetap aktif. Nah, para ilmuwan percaya bahwa kondisi inilah yang akhirnya membuat otak bisa jadi menyuruh tubuh bereaksi dalam kondisi tertentu, termasuk hypnic jerk.

Baca juga: Gejala Putus Zat Juga Terjadi Pada Orang Yang Berhenti Merokok

Untuk mengatasinya, kamu bisa meningkatkan asupan kalsium, magnesium, dan zat besi. Karena diduga guncangan hypnic jerk ini disebabkan kekurangan ketiga nutrisi tersebut. Selain itu, kamu juga tidak disarankan olahraga menjelang tidur, lho.

Hindarkan dirimu dari kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol. Untuk meredakan stres, lebih baik kamu mendengarkan musik yang menenangkan jiwa. Atau kalau tidurmu mulai terganggu terlalu sering, kamu bisa konsultasi ke dokter.

Nah, sekarang sudah tahu, kan, guys? Ambillah tidur yang cukup dan berpola hidup sehat. Kesehatanmu lho!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top