Penyebar Hoaks Berita tentang Jokowi ditangkap Polisi – strategi.id
Nusantara

Penyebar Hoaks Berita tentang Jokowi ditangkap Polisi

Strategi.id - Penyebar Hoaks Berita tentang Jokowi ditangkap Polisi
Strategi.id - Penyebar Hoaks Berita tentang Jokowi ditangkap Polisi

Strategi.id – Kepolisian RI menangkap salah satu penyebar hoaks atau berita bohong dan ujaran kebencian yang dialamatkan kepada Presiden Joko Widodo.

Polisi mengungkapkan, proses penangkapan pelaku tersebut tidak mudah dan membutuhkan waktu lama. Pada Oktober 2018, polisi menangkap pria berinisial JD, pemilik akun Instagram yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian.

JD diketahui memproduksi 843 meme. Selain JD, sebelumnya, pembuat dan penyebar hoaks terkait Jokowi juga pernah diamankan.

Baca Juga : Moeldoko “Hoaks Meracuni Bangsa”

1. Obor Rakyat

Tim Intelijen Kejaksaan Agung dan tim Kejaksaan Negeri Jakarta menangkap dua orang pimpinan tabloid Obor Rakyat pada 8 Mei 2018.

Dua orang tersebut adalah Pemimpin Redaksi Obor Rakyat Setyardi Budiono dan Redaktur Pelaksana Obor Rakyat H Darmawan Sepriyosa. Kedua pelaku ini ditangkap di dua tempat yang berbeda di kawasan Jakarta. Setyardi diamankan di Gambir, sedangkan Darmawan diamankan di Tebet Timur

Tabloid Obor Rakyat diproduksi satu juta eksemplar dan disebarkan ke 724.000 masjid dan 28.000 pondok pesantren di beberapa daerah Pulau Jawa. Atas peristiwa ini, kedua pelaku dijatuhi pidana selama 8 bulan dan dieksekusi di Lapas Cipinang.

Baca Juga : Repnas: Jokowi-Ma’ruf Tangkal Isu Hoaks soal Ekonomi

2. Suara Rakyat

JD, pemilik akun Instagram yang menyebarkan hoaks dan ujaran kebencian, diamankan oleh Direktorat Tindak Siber Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Pelaku ditangkap di daerah Lueng Bata, Banda Aceh, pada (15/10/18).

Diketahui, pelaku juga mengendalikan beberapa akun Instagram Suara Rakyat 23, seperti suararakyat23, suarakyat23id, suararakyat23.ind, sr23official, dan sr23_official. Bersadarkan pemberitaan sebelumnya, akun yang dikelola JD ini telah mengunggah 1.186 konten dengan 843 meme di antaranya dibuat JD.

Dikabarkan, pelaku menunggah informasi yang berisi pornografi, berita bohong, foto, meme, dan ujaran kebencian yang mengarah ke unsur SARA. Salah satu konten yang diunggah JD menyebutkan bahwa Jokowi merupakan anggota PKI. Pihak kepolisian menyita beberapa barang bukti, seperti kartu identitas pelaku, 2 buah telepon genggam, 1 unit laptop, 24 kartu SIM Telkomsel, 4 kartu SIM Axis, dan 3 buah kartu SIM XL.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top