Peringatan Kemerdekaan RI ke 73 “Kerja Kita Prestasi Bangsa” – strategi.id
Nusantara

Peringatan Kemerdekaan RI ke 73 “Kerja Kita Prestasi Bangsa”

Strategi.id - Peringatan Kemerdekaan RI ke 73 "Kerja Kita Prestasi Bangsa"

Strategi.id – Presiden Joko Widodo berpakaian adat Aceh dalam upacara pengibaran bendera Sang Saka  Merah Putih untuk memperingati  HUT RI ke 73 di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, (17/8/18). “Saya pakai ini baju adat Aceh,” ujar Jokowi saat ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta pada Jumat, 17 Agustus 2018.

Jokowi memasuki area upacara sekitar pukul 09.00. Dengan setelan serba hitam dengan topi khas Aceh berwarna merah berkombinasi kuning dan hijau, dia datang dengan menggandeng cucu pertamanya Jan Ethes. Putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming juga hadir.

Meriah, ceria, tapi khidmat. Begitulah suasana Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pagi ini di pelataran Istana Merdeka, di seberang Monumen Nasional, Jakarta.

Upacara akan dimulai pada pukul 10.00. Undangan upacara pagi terdiri dari 35 persen pejabat negara (termasuk lembaga negara, TNI, Polri) dan duta besar negara sahabat serta 65 persen peserta dari masyarakat.

Hampir sepuluh ribu kursi untuk undangan disediakan, 65 persen di antaranya untuk tamu dari kalangan masyarakat umum. Di luar kompleks istana, juga terlihat banyak warga yang menyaksikan jalannya upacara melalui layar lebar yang disiapkan.

Prosesi peringatan bertema “Kerja Kita Prestasi Bangsa” ini diawali kirab Bendera Negara Sang Merah Putih dan teks asli naskah proklamasi dari Monumen Nasional menuju Istana Merdeka, dentuman meriam sebanyak 17 kali, lalu upacara pengibaran bendera oleh Paskibraka.

Di akhir prosesi, ada atraksi flypast pesawat tempur TNI dan persembahan lagu-lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara.

Sejumlah petinggi negara berdatangan menghadiri upacara peringatan pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 2018. Beberapa pejabat negara yang hadir dalam upacara 17 Agustus mengunakan baju adat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top