Perkuat Good Corporate Governance, Kejagung dan Pegadaian Teken MoU – strategi.id
Nusantara

Perkuat Good Corporate Governance, Kejagung dan Pegadaian Teken MoU

Strategi.id-Perkuat Good Corporate Governance, Kejagung dan Pegadaian Teken MoU
Strategi.id-Perkuat Good Corporate Governance, Kejagung dan Pegadaian Teken MoU

Strategi.id – Kejaksaan Agung (Kejagung) dan PT Pegadaian (Persero), menjalin kerja sama untuk memperkuat Good Corporate Governance (GCG). Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) di Sasana Pradhana Kejagung, Rabu (7/11/2018).

Isi nota kesepahaman meliputi koordinasi dan optimalisasi pemulihan aset, pertukaran informasi dan data terkait penegakan hukum, peningkatan kompetensi SDM, dan pelayanan jasa pegadaian.

Baca Juga : Kejaksaan Agung Tabur Bunga di Lokasi Jatuh Lion Air

Jaksa Agung HM Prasetyo menuturkan, Kejaksaan dapat memberikan kajian dan pertimbangan hukum kepada Pegadaian sesuai dengan kewenangan yang dimillikinya.

Misalnya, bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) dapat menyampaikan pendapat hukum (legal opinion), pendampingan hukum, dan audit hukum. “Ini untuk memperkecil celah pelanggaran hukum dan meningkatkan kepatuhan,” kata Prasetyo.

Di lain pihak, Jaksa Agung mengatakan bahwa Kejagung juga bisa meminta bantuan Pegadaian terkait penanganan perkara hukum. Antara lain terkait kompetensi Pegadaian dalam menaksir sebuah barang.

Baca Juga :Implementasi Program CIA Mampu Minimalkan Perkara Pidsus

“Jangankan emas, batu pun bisa ditaksir oleh Pegadaian, mulai dari batu mulia hingga batu kali,” ujar Prasetyo menirukan seloroh Dirut Pegadaian.

Sementara Dirut Pegadaian, Sunarso, mengatakan, kerjasama ini untuk memastikan koordinasi dua institusi ini sesuai dengan hukum yang berlaku. Pegadaian ingin mengukuhkan reputasi sebagai BUMN yang selalu menerapkan prinsip GCG, terutama terkait hukum perdata dan tata usaha negara (TUN).

Baca Juga :Karopeg: Pengembangan Kompetensi Pegawai Kejaksaan Agung Sangat Penting

Dia menambahkan, kerja sama ini merupakan salah satu upaya Pegadaian untuk membangun integritas yang merupakan corporate value lembaganya. Hal ini sejalan dengan transformasi bisnis dan budaya yang sedang dilakukan di Pegadaian.

Baca Juga :Jaksa Agung: MRT Naikkan Kelas Peradaban Jakarta

Pada Agustus lalu, Pegadaian juga menjalin kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memagari pejabat dan karyawan dari upaya gratifikasi. Sedangkan pada April 2018 lalu, Pegadaian juga bekerjasama dengan Kemendagri terkait verifikasi indentitas dengan memanfaatkan data informasi di KTP elektronik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top