Persiapkan Diri Menghadapi Penyakit Saat Musim Hujan – strategi.id
Nusantara

Persiapkan Diri Menghadapi Penyakit Saat Musim Hujan

penyakit saat musim hujan

Beberapa wilayah Indonesia mulai turun hujan, di bulan Oktober ini. Persiapkan diri menghadapi penyakit saat musim hujan, agar tidak mengganggu rutinitas Anda.

Konsumsi makanan yang kaya akan phytochemical untuk mencegah Flu

Penyakit flu paling lumrah ditemui saat musim penghujan. Walaupun penyakit ini bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja harus diwaspadai.

Untuk mencegah pilek, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan phytochemical, yaitu aneka buah dan sayuran. Phytochemical berperan mengoptimalkan fungsi vitamin yang terkandung di dalam makanan yang Anda konsumsi.

Efeknya, tentu saja tubuh jadi lebih sehat. Sistem kekebalan tubuh yang meningkat juga bisa membantu Anda terhindar dari beragam penyakit.

Minum banyak air mineral untuk mencegah radang tenggorokan

Sakit tenggorokan atau yang akrab disebut dengan radang tenggorokan ini biasanya menghampiri kita pada saat musim kemarau atau pancaroba. Biasanya radang tenggorokan ini juga ditemani juga oleh batuk dan juga flu.

Tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Selain itu cairan juga menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.

Mencegah demam dengan tidur yang cukup

Salah satu penyakit yang kerap menyerang di saat musim hujan adalah demam. Demam adalah gejala dari berbagai penyakit yang paling sering dialami oleh semua orang. Gejala ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal, namun sebagian besar karena adanya infeksi dalam tubuh.

Tidur yang cukup dapat membantu mencegah demam. Sebab saat tidur, tubuh memproduksi sel-sel darah putih. Sel-sel darah putih tersebut sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh guna melawan virus atau bakteri penyebab demam.

Gunakan pakaian yang tepat

Cuaca dingin adalah pemicu utama simtom asma, seperti mengi dan napas pendek. Orang-orang dengan asma harus ekstra hati-hati saat cuaca dingin. Usahakan tetap berada di dalam ruangan ketika saat cuaca sedang sangat dingin dan berangin. Jika keluar, gunakan syal, tutupi hidung dan mulut.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top