Persiapkan Mobil Anda Untuk Mengantisipasi Masalah Selama Musim Hujan – strategi.id
Nusantara

Persiapkan Mobil Anda Untuk Mengantisipasi Masalah Selama Musim Hujan

Persiapkan Mobil Anda Untuk Mengantisipasi Masalah Selama Musim Hujan

Strategi.id – Pengemudi mobil harus mempersiapkan kondisi mobil pada musim hujan, yang sudah mulai pada bulan Oktober ini, sehingga bisa berkendara dengan nyaman.

Curah hujan yang tinggi, ditambah lagi kondisi jalan yang tidak mulus, menjadi kendala tersendiri bagi pengendara. Belum lagi situasi lalu lintas yang padat dan pandangan yang terhalang derasnya air hujan, menjadi tantangan tersendiri yang harus diantisipasi.

Berikut beberapa hal yang perlu Anda siapkan:

Cek Kondisi ban

Jalan akan lebih licin selama musim hujan, dapat mengurangi daya cengkram pada ban. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, cek kondisi ban pada mobil Anda. Jika dirasa kondisinya sudah tidak baik, segera ganti.

Cek kondisi rem

Pada saat kondisi hujan, kampas rem akan selalu terkena air dan kotoran, sehingga terkadang menyebabkan macet atau seret. Bersihkan dan cek ke teknisi Anda untuk memastikan kinerja rem optimal.

Pastikan karet wiper berfungsi

Cek kondisi wiper dan karetnya. Apakah wiper dapat berfungsi normal atau tidak. Jika ada masalah segera cek ke teknisi anda. Jangan lupa untuk mengecek kondisi karet wiper, apakah dapat menyapu air dengan maksimal. Ganti dengan yang baru, jika karet sudah tidak berfungsi dengan baik. Wiper yang tidak dapat menyapu air dengan maksimal, dapat merusak kaca depan mobil.

Cek kondisi air wiper

Cek apakah air wiper dalam keadaan terisi penuh. Dalam kondisi setelah hujan, biasanya kaca depan akan kotor akibat cipratan sisa air yang tergenang di jalan. Air wiper penting fungsinya untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran tersebut.

Cek kondisi seluruh lampu

Cek semua bagian lampu seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem, lampu mundur, lampu hazard, apakah menyala atau tidak. Dalam kondisi hujan, jarak pandang pengemudi menjadi sangat terbatas, sehingga Lampu berperan sebagai tanda saat jarak pandang terbatas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top