Pesan Kemerdekaan Jokowi Mewujudkan Kekuatan Indonesia Yang Disegani Bangsa Lain – strategi.id
Nusantara

Pesan Kemerdekaan Jokowi Mewujudkan Kekuatan Indonesia Yang Disegani Bangsa Lain

Strategi.id - Pesan Kemerdekaan Jokowi Mewujudkan Kekuatan Indonesia Yang Disegani Bangsa Lain

Strategi.id – Sejumlah petinggi negara berdatangan menghadiri upacara peringatan  Kemerdekaan RI ke 73 dengan pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 17 Agustus 2018. Beberapa pejabat negara yang hadir dalam upacara 17 Agustus mengenakan pakaian khas daerah, yakni Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian dengan pakaian khas suku Dayak Kayan dari Kalimantan Barat.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengenakan pakaian adat khas Batak dan Ketua MPR Zulkifli Hasan mengenakan pakaian adat khas Palembang.

Dalam pesannya di Akun FB Presiden Joko Widodo menyatakan “Kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia hari ini, seraya mengingat kembali semangat persatuan Indonesia yang telah dibuktikan oleh para pendiri, perintis, dan pejuang bangsa. Saat itu, mereka menyingkirkan perbedaan politik, suku, agama atau golongan demi mewujudkan Indonesia Merdeka”.

Dalam persatuan itulah, mereka menemukan energi yang dahsyat untuk menggerakkan seluruh tenaga, pikiran, dan keringat untuk Indonesia merdeka. Dalam persatuan Indonesia itulah, para pejuang kemerdekaan menemukan solidaritas, kepedulian, dan juga semangat berbagi antarsesama anak bangsa ujar Jokowi.

Jika bangsa Indonesia tetap bersatu, berbagi, dan peduli pada sesama anak bangsa, maka Indonesia bukan lagi hanya sekadar nama, atau gambar sederetan pulau di peta dunia, melainkan Indonesia maju, yang menjadi sebuah kekuatan yang disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top