Pesan Sumpah Pemuda Jokowi dan Prabowo Melalui Media Sosial - strategi.id
Nusantara

Pesan Sumpah Pemuda Jokowi dan Prabowo Melalui Media Sosial

Strategi.id Merilis Hasil Jejak Pendapat Calon Presiden dan Wakil Presiden 2019

Strategi.id- Momentum Sumpah Pemuda turut disoroti Para Calon Presiden, pesan Sumpah pemuda ini disampaikan oleh  Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto di media sosial Instagram (IG) masing-masing. Sumpah Pemuda 90 tahun yang lalu, tepatnya 28 Oktober 1928, saat suasana kebatinan para pemuda memuncak. Seluruh perhatian, baik pikiran maupun tenaga, seolah tercurah hanya untuk bicara bangsa. Geliat dan dinamika kepemudaan masa itu, menyeruak membawa pesan persatuan dan kesatuan yang mendorong cita-cita Kemerdekaan Indonesia. Pergerakan salah satu elemen bangsa yang enerjik dan dinamis itu, menjadi komitmen dan tekad yang kuat untuk berkontribusi berjuang dan berkorban demi kelahiran Indonesia sebagai sebuah negara bangsa.

Nyatanya, ditengah keterbatasan, perbedaan, kemajemukan dan keragaman yang multidimensi, pemuda-pemudi dapat mengusung konsensus besar yang dibalut dengan jiwa dan sikap patriotik. Alhasil, dengan proses panjang dan tidak mudah (sebelumnya diawali konggres pemuda pertama Tahun 1926) , tercetuslah Sumpah Pemuda sebagai simbol sekaligus tonggak sejarah yang fundamen menuntun kesadaran dan keinginian kuat para pemuda-pelajar. Meneguhkan semangat menghimpun kesatuan bertanah air, berbangsa dan menjunjung tinggi bahasa Indonesia.

Berbagai entitas suku, agama, ras dan pelbagai instrumen kedaerahan lainnya, mengalir deras ke muara besar yang bernama Indonesia itu. Jong Java, Jong Sumatera, Jong Ambon dll., pada akhirnya menjadi embrio dari mozaik-mozaik yang dirancang dan disusun dalam bingkai negara persatuan dan kesatuan, yang kuat namun tetap estetik. Sumpah Pemuda kala itu bukanlah sekedar deklarasi berisi teks yang dibacakan oleh seorang pemuda Soegondo Djojokusumo dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI).

Lalu bagaimana kondisi pemuda saat ini menurut para capres ? Keduanya punya cara unik menyampaikan momentum Sumpah Permuda ini dengan caranya masing-masing. Lalu terdapat pesan pesan moral yang disampaikan oleh mereka lewat pesan singat meraeka di IG , seperti apa kira-kira pesannya?

Seperti yang dilihat di media sosial IG para Capres pada Minggu (28/10/18), pukul 20.00 WIB, Jokowi lebih dulu mengunggah foto artwork sekumpulan orang yang mayoritas mengepalkan tangan ke atas. Namun ada setidaknya dua orang yang mengacungkan jari jempolnya.

Tampak gambar orang-orang itu mengenakan pakaian dengan warna berbeda-beda. Beberapa di antaranya mengenakan pakaian dengan bendera Merah Putih di bagian dada, serta seorang dengan pakaian bertuliskan ‘Indonesia’ dan ‘I ❤ 🇮🇩’.

Gambar kumpulan orang itu membentuk wajah Jokowi mengenakan peci dari samping. Di bawah artwork itu tertulis ‘Selamat Hari Sumpah Pemuda’ dan ‘Presiden Joko Widodo’.

Dalam keterangan unggahannya, Jokowi menuliskan:

Sembilan puluh tahun yang lalu, para pemuda menegaskan semangat terhadap cita-cita Indonesia yang merdeka.

Hari ini, 28 Oktober 2018, saya mengajak para pemuda untuk bergandeng tangan memajukan Indonesia dengan semangat yang sama seperti para pemuda yang berikrar dalam Kongres Pemuda II tahun 1928 itu.

Saat dilihat, unggahan Jokowi itu disukai 214.613 kali. Selain itu, unggahan itu mendapat 1.618 komentar.

Sedangkan Prabowo mengunggah foto secarik kertas dengan kop lambang Partai Gerindra. Tampak tulisan tangan Prabowo yang menyampaikan ucapan Selamat Hari Sumpah Pemuda, seperti ini:

Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-90
Hai Pemuda dan Pemudi Indonesia,
Masa depan milikmu!
Belajar dan Bekerja Keras!
Raih ilmu untuk bangsa-mu

Tanda tangan Prabowo
28 Oktober 2018

Dalam keterangan unggahan itu, Prabowo menuliskan tanggal hari ini: 28 Oktober 2018. Unggahan itu tampak disukai 84.217 kali dan mendapat 1.520 komentar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top