Petugas Gabungan Menggelar Sidak Pangan di Pasar SS Klender – strategi.id
Nusantara

Petugas Gabungan Menggelar Sidak Pangan di Pasar SS Klender

strategi,id - Petugas Gabungan Menggelar Sidak Pangan di Pasar SS Klender
strategi,id - Petugas Gabungan Menggelar Sidak Pangan di Pasar SS Klender

Strategi.id – Sejumlah petugas gabungan Satpol PP, Sudin Kesehatan, dan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Timur mengelar sidak pangan di Pasar SS Klender, Jakarta Timur.

Petugas yang tiba pun langsung mengambil sample makanan dari sejumlah pedagang yang berada di dalam pasar.

Tak hanya pedagang yang ada di dalam pasar, petugas juga mengambil sample makanan yang dijual oleh para pedagang diluar pasar.

Kasatpol PP Jakarta Timur, Hartono mengatakan bahwa sidak yang dilakukan pada hari ini merupakan kegiatan untuk meminitoring bahan pangan yang dijual di sejumlah pasar.

Pihaknya ingin memastikan bahwa bahan pangan yang dijual sehat dan tidak mengandung zat berbahaya.

“Jadi kita tadi melakukan pengecekan terhadap beberapa barang dagangan yang kita ambil tadi antara lain ikan asin, krupuk, tahu, ayam, bahkan ada beberapa makanan yang dijual pedagang diluar seperti cendol,” ucap Hartono, Selasa (4/12/18).

Nantinya makanan yang telah diambil samplenya akan dilakukan pengujian dilaboratoriun untuk melihat kandungan zat yang ada di bahan pangan tersebut yang dilakukan oleh Sudin Kesehatan Jakarta.

Jika hasil test sample tersebut ditemukan adanya bahan atau zat berbahaya maka pihaknya akan melakukan tindakan tegas kepada para pedagang, seperti penyitaan barang yang menurutnya melanggar.

“Dikatakan jika ditemukan kandungan zat yang berbahaya baik formalir maupun borak akan kita BAP dan berikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dan kita tindak lanjuti dari mana barang tersebut didapat,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan dilakukan razia ini, dapat mencegah adanya zat berbahaya dalam makanan terlebih saat ini telah memasuki Natal dan Tahun Baru.

Dengan begitu tidak ada kekhawatiran bagi masyarakat sekitar.

“Jadi kita harap setiap pasar ini dapat menjual dagangan yang sehat, sehingga masyarakat tidak khawatir jika mengkonsumsi bahan pangan tersebut. Tentu kita akan lakukan razia seperti ini disejumlah pasar lain dalam waktu dekat ini,” ucapnya. (JOS)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top