Pihak Boeing Keluarkan Statement Resmi Terkait Pesawat JT 610 -
BUMN

Pihak Boeing Keluarkan Statement Resmi Terkait Pesawat JT 610

Strategi.id - Lion Air JT610 yang Jatuh Angkut 188 Orang, Ada 2 Bayi

Strategi.id – Pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di laut Karawang, Jawa Barat pada Senin (29/10/18) merupakan pesawat baru. Pesawat Boeing 737 MAX 8 tersebut baru bergabung dengan Lion Air pada tahun 2018 ini. Dengan jam terbang baru sekitar 800 flight hour.

Hal ini ditegaskan Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono dalam jumpa pers di Kantor Basarnas, Jakarta, Senin (29/10/18).

“Pesawat ini (JT 610)  mulai masuk jajaran Lion Air pada Agustus 2018,” katanya.

Pesawat ini sebelumnya lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada pukul 06.20 WIB. Selanjutnya, pesawat itu hilang kontak pukul 06.33 WIB. Kemudian diketaui jatuh di laut Karawang, Jawa Barat.

Terkait hal itu, Boeing selaku produsen pesawat Lion Air JT 610 memberikan pernyataan resminya.

Berikut merupakan pernyataan resmi Boeing terkait jatuhnya Lion Air JT610 sebagaimana dirilis di laman resmi Boeing :

“Kementerian Perhubungan Indonesia mengkonfirmasi telah menemukan reruntuhan Lion Air Flight JT 610, 737 MAX 8 dalam perjalanan dari Jakarta ke Pangkal Pinang.

Perusahaan Boeing merasa sangat beduka dengan hilangnya Penerbangan JT 610. Kami mengungkapkan kepedulian kami kepada mereka yang ada di pesawat tersebut, dan sekaligus menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga dan orang-orang yang mereka cintai.

Boeing siap memberikan bantuan teknis untuk investigasi kecelakaan. Sesuai dengan protokol internasional, semua pertanyaan tentang investigasi kecelakaan penerbangan harus diarahkan ke Komite Keselamatan Transportasi Nasional Indonesia (NTSC)”.

Sementara itu, Kepala Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan di akun Twitternya, pesawat dengan rute penerbangan Jakarta-Pangkal Pinang itu membawa 178 penumpang dewasa, satu anak dan dua bayi.

Beberapa kapal tug boat yang ada di lokasi, turut membantu menangani evakuasi puing-puing pesawat yang ditemukan.

“Beberapa serpihan pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di perairan Karawang. Pesawat membawa 178 penumpang dewasa, 1 penumpang anak-anak dan 2 bayi dengan 2 Pilot dan 5 FA. Basarnas dan Kementerian Perhubungan terus melakukan penanganan,” tulis Sutopo.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top