Polri Siagakan Personel Jelang Natal Dan Tahun Baru – strategi.id
Nusantara

Polri Siagakan Personel Jelang Natal Dan Tahun Baru

strategi.id – Polri menggelar persiapan pengamanan menjelang perayaan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 di beberapa tempat sesuai dengan zonanya. Yang menjadi zona prioritas ada 13 polda dan zona kedua atau prioritas kedua ada 21 polda.

Selain itu, Polri telah menyiapkan 59 ribu personel untuk mengamankan zona satu prioritas atau zona satu, sedangkan zona dua sebanyak 25 ribu personel.

“Sasaran pengamanan kurang lebih ada 57 ribu titik yang menjadi sasaran pengamanan, baik tempat ibadah, pelabuhan, tempat keramaian, termasuk tempat perayaan malam tahun pergantian tahun. Semuanya sudah diantisipasi secara maksimal,”

jelas Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (17/12/18)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebelumnya mengungkapkan, terorisme masih menjadi ancaman serius pada Operasi Lilin 2018.

baca juga: Profil Dan Biografi Singkat Kapolri Tito Karnavian

“Kapolri konsen dan sangat atensi dengan pengaman tahun baru ini. Tidak boleh ada accident, langsung akan dikumpulkan sama Kapolri,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Dedi mengatakan, Kapolri akan mengumpulkan seluruh kapolda dan pejabat utama dalam rangka mempersiapkan Operasi Lilin. Dalam pertemuan tersebut akan disampaikan fokus pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Dedi mengakui, terorisme tetap menjadi ancaman utama dalam pengamanan Natal dan pergantian tahun. Meski, Dedi meminta masyarakat tetap tenang. Sebab Polri telah melakukan upaya pencegahan terhadap aksi terorisme.

baca juga: Mobil Dinas TNI-Polri Terekam CCTV Langgar Lalin Akan ditindak

“Polri sudah bekerja, sebelum Operasi Lilin ini kami Densus 88 dan Satgas Antiteror yang dibentuk di tiap polda polres itu terus kerja, kami terus melakukan upaya pencegahan,” ucapnya.

Apalagi pencegahan lebih mudah setelah pemerintah mengesahkan Undang-undang Nomo 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Polri dapat mengambil tindakan tanpa harus menunggu peristiwa pidananya terjadi.

Karo Penmas menuturkan, Operasi Lilin dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2019 dilaksanakan pada 2 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top