Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Sudah Bisa Diakses Hari Ini – strategi.id
Nusantara

Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Sudah Bisa Diakses Hari Ini

Inilah Formasi Penerimaan CPNS 2018

Strategi.id – Portal Sistem Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (SSCN) yang memfasilitasi pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 mulai hari ini Rabu 19 September 2018 sudah dapat diakses oleh publik. Adapun lowongan CPNS yang dibuka pemerintah tahun ini sebanyak 238.015 formasi.

Dalam  portal SSCN ini, calon pelamar CPNS bisa mulai mendalami informasi mengenai syarat dan formasi jabatan yang sudah tertera di laman SSCN.

Seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id, dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi.

Berikut tujuh langkah cara mendaftar dan login pendaftaran CPNS 2018 via situs SSCN.

1. Buat akun di portal http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga.

2. Login ke http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan NIK dan password yang telah ditentukan

3. Upload swafoto (selfie) dengan memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Pelamar juga diharuskan mengisi biodata, memilih 1 instansi, 1 formasi dan 1 jabatan yang diminati; dan

5. Simpan data yang sudah dicek di Resume dan klik Kirim.

6. Sebelum di Kirim, pelamar dianjurkan untuk mengecek kembali data di Resume untuk memastikan bahwa data tersebut lengkap dan benar, karena setelah di Kirim data tidak bisa diubah lagi.

7. Pelamar bisa mencetak Kartu Pendaftaran SSCN 2018 sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

Jika ada masalah dalam pengisian di portal SSCN, maka bisa mengklik helpdesk yang ada di portal tersebut untuk bantuan dan pengaduan.

Sementara jadwal waktu pendaftaran akan segera diumumkan setelah BKN menerima data formasi lengkap dari Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah yang membuka rekrutmen CPNS

Sebagai informasi pada rekrutmen CPNS 2018 ini, selain membuka lowongan untuk formasi umum, Pemerintah juga membuka jalur formasi khusus bagi pelamar.

Dikutip dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, terdapat sebanyak 6 (enam) jalur khusus.

Keenam jalur formasi khusus tersebut, terdiri dari:
1) Putra/Putri Lulusan Terbaik Berpredikat Dengan Pujian (Cumlaude)
2) Penyandang Disabilitas
3) Putra/Putri Papua dan Papua Barat
4) Diaspora
5) Olahragawan Berprestasi Internasional
6) Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori-II yang memenuhi persyaratan

Selain memiliki ketentuan memenuhi sembilan syarat dasar untuk melamar CPNS. Sementara, masyarakat yang berminat melamar menjadi abdi negara formasi khusus harus memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top