Posko Digital,Adaptasi Polri Dalam Mendinamisir Kegiatan Operasi - strategi.id
Corong

Posko Digital,Adaptasi Polri Dalam Mendinamisir Kegiatan Operasi

Strategi.id- Posko Digital,Adaptasi Polri Dalam Mendinamisir Kegiatan Operasi

Strategi.id- Bagi sebagian perwira Polri produk tahun 1990-an tentu saja akrab dengan berbagai Posko yang biasa dibangun pada saat operasi kepolisian akan dilaksanakan, seperti Posko Operasi Ketupat, Posko Operasi Patuh dan banyak posko lainnya. Dalam 1 tahun terdapat sedikitnya 10 operasi kepolisian dan beberapa kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) lainnya yang diselenggarakan baik secara terpusat maupun secara mandiri kewilayahan sesuai Perkap Nomor 1 Tahun 2019 tentang Sistem Manajemen dan Standar Keberhasilan Operasional Polri.

Bisa dibayangkan, bagaimana sibuknya Biroops Polda dan Bagops Polres menyiapkan Posko, yang ketika itu masih berbasis pada panel data manual dan tabulasi kegiatan yang menggunakan milimeter paper ukuran besar.

Baca Juga : Orde Baru, Ronin, Korporatisme Negara dan Politik Dinasti

Seiring dengan perkembangan teknologi, penting bagi Polri untuk beradaptasi dalam memodernisasi posko manual menjadi posko digital yang memanfaatkan produk elektronik canggih seperti smart TV. Selain lebih praktis, tentu saja posko digital menjadi lebih ekonomis bila dibanding dengan biaya pembuatan posko-posko manual dalam 1 tahun anggaran.

Peralatan yang sama dapat digunakan untuk mendinamisir semua operasi dan KRYD yang berlangsung dalam agenda tahunan Polda, Polres dan Polsek dengan mengganti panel data digital sesuai tema operasi. Ruangan Posko pun tidak perlu berpindah-pindah, semua bisa terpusat di Biroops Polda dan Bagops Polres.

Baca Juga : Kabaharkam Polri Dukung Penuh Kebijakan Pemerintah Terkait Ekonomi dan Pangan

Alat bantu lainnya untuk mengikuti progres pencapaian hasil operasi dapat dilakukan dengan membangun Aplikasi Sistem Laporan sehingga dapat memudahkan analisa dan evaluasi dan mengefesiensikan waktu pelaporan. Personil yang melaksanakan kegiatan dapat dengan mudah melaporkan hasil kegiatannya on the spot dengan menginput informasi dan foto melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga : Dr Emrus: Pencopotan 3 Jenderal Bukti Polri Tidak Pandang Bulu

Pembelajaran penting bagi penulis ketika diberi peran sebagai Perwira Posko Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang beberapa hari ini ikut ambil bagian dalam membangun posko digital dan Aplikasi Sistem Laporan untuk mendinamisir kegiatan Satgas.

Penulis : Akbp Shinto Silitonga, Kasubagopsnal Dittipidum Bareskrim Polri

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top