Presiden Jokowi Ajukan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032 – strategi.id
Nusantara

Presiden Jokowi Ajukan Indonesia Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

Strategi.id – Indonesia baru saja selesai menggelar Asian Games 2018, yang sudah resmi berakhir pada Minggu (02/09/18) kemarin. Terbilang sukses, Indonesia pun disebut-sebut layak menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Pernyataan terkait Olimpiade Tahun 2032 Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi sorotan dunia.

Hal itu terkait pernyataannya terbarunya yang memaparkan kesiapan Indonesia menjadi satu di antara kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032.

Dengan pengalaman yang dimiliki dalam menyelenggarakan Asian Games 2018, Jokowi menyebut Indonesia mampu menjadi tuan rumah perhelatan olahraga yang lebih besar.

“Oleh sebab itu, Indonesia berencana secepatnya mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade pada tahun 2032,” ucap Jokowi.

Dilansir dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, pernyataan tersebut disampaikan Jokowi seusai bertemu Ketua Komite Internasional Olimpiade (IOC) Thomas Bach dan Ketua Dewan Olimpiade Asia (OCA) Syekh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9/2018) siang.

Jokowi menyatakan Ketua IOC dan OCA sangat menghargai perhelatan Asian Games 2018 ini dari sisi partisipasi masyarakat dan sukarelawan.

Kesuksean penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang membuat Indonesia mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Bahkan, kelancaran pelaksanaan tersebut bisa menjadi modal berharga Indonesia untuk mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032.

Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bach mengatakan, Indonesia memiliki fondasi yang kuat sebagai kandidat dari tuan rumah Olimpiade 2032. Hal itu sudah dibuktikan dari perhelatan Asian Games 2018 yang berjalan dengan lancar.

“Dengan segala kesuksesan yang diraih oleh Indonesia selama Asian Games 2018, bukan hanya medali-medali bagi para atletnya, namun juga kesuksesan acaranya, hal tersebut merupakan bukti nyata bahwa Indonesia dapat melakukan hal yang lebih besar kedepannya dan mampu melampaui ekspektasi banyak orang,” kata Thomas Bach saat mengunjungi media center Asian Games dalam keterangan pers Minggu (2/9/2018).

Di akhir pertemuan, pria berusia 64 tahun itu menyisipkan pesan bagi masyarakat Indonesia.

“Saya harap Indonesia dapat mempertahankan semangat membara dan momentum ini yang sangat terasa. Serta diharapkan seluruh fasilitas, amenitas dan venue-venue pertandingan yang sudah di bangun dengan sangat indahnya dapat dipertahankan bahkan terus ditingkatkan,” tutup Thomas Bach.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top