Propaganda Periodesasi Ketum PAN Sudah Tidak Relevan - strategi.id
Corong

Propaganda Periodesasi Ketum PAN Sudah Tidak Relevan

Strategi.id - Propaganda Periodesasi Ketum PAN Sudah Tidak Relevan

Strategi.id – Memaknai pernyataan pemimpin politik harus dilihat dari konteksnya. Tidak bisa hanya dipahami sebagai teks. Di 2015 ZH ngomong itu dalam konteks kampanye menghadapi HR yg ingin 2 periode.

Sebagai penantang tentu ZH menarasikan issue untuk melemahkan petahana. Sama seperti para kandidat lain penantang petahana di Kongres 2020 ini. Bodoh kalau tidak mengatakan hal yg sama dengan yg diucapkan ZH di tahun 2015. Kalau dengan cara itu ZH berhasil mengungguli tipis HR sehingga menang di Kongres, maka akal sehat kita mengatakan issue periodesasi itu sebenarnya bukan determinan penentu bagi kemenangan ZH.

Kalau para voters yang merepresentasikan hak semua kader partai dalam memilih pemimpin menganggap issue periodesasi itu sangat penting, maka seharusnya ZH dengan mudah memenangkan Kongres dg selisih suara signifikan. Katakanlah menang lebih dari 100 suara. Kenyataannya tidak begitu kan?

Maka sekarang pun seluruh kader PAN sejatinya tidak terlalu mempersoalkan Ketum 1 atau 2 periode. Para kader PAN lebih mengutamakan impian dan keyakinan bahwa PAN di 2024 dapat menjadi partai besar. Sampai sekarang secara obyektif sebagian besar DPW dan DPD lebih banyak yg meminta ZH dua periode. Mengapa demikian?

Salah satu penyebabnya, mungkin saja di antara semua calon yg sudah secara terbuka declair, belum ada yg dianggap dapat memberi jaminan masa depan PAN yang lebih baik. Oleh karena itulah petahana dilirik kembali. Oleh karena itu, ZH maju untuk 2 periode mendapat sambutan semangat dari mayoritas kader PAN.

Penulis Oleh: Totok Daryanto (Waketum PAN)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top